oleh

Ramalan Gempa Eyang Ibung Viral Di Facebook ! Asli atau Palsu ?

Gempa yang terjadi pada 2 agustus 2019, tepatnya pukul 19:03:25 WIB sempat membuat heboh dunia maya. Pasalnya gempa yang terjadi kali ini memiliki kekuatan sebesar 7,4 Mag dan berpotensi terjadinya tsunami. Menurut penuturan teman penulis, gempa kali ini dirasakan hingga ke daerah Jogja walaupun tidak lama.

Dibalik ramainya cuitan twitter mengenai kejadian Gempa, seorang pengguna facebook juga mendadak viral karena postingannya berkaitan dengan kejadian gempa tersebut. Pengguna facebook dengan nama akun Eyang Ibung viral karena postingannya meramalkan kejadian gempa sehari sebelum gempa tersebut terjadi.

ramalan gempa

Tidak hanya sampai disitu, pengguna Facebook dengan nama akun Eyang Ibung kembali membuat sebuah postingan yang berisikan ramalan mengenai kejadian gempa. Postingan tersebut membuat netizen semakin bertanya-tanya, apakah ramalan gempa yang dituliskan oleh eyang ibung itu benar ? Ternyata postingan tersebut dibuat tepat 6 jam sebelum akhirnya gempa tersebut benar-benar terjadi.

nb : jam pada gambar mengikut zona lokasi penulis yang berada di WiTa.

ramalan gempa eyang ibung

Tidak hanya sampai di situ, Eyang Ibung kembali menuliskan ramalannya pada halaman facebook tepatnya 2 jam setelah postingan di atas. Namun yang membuat netizen semakin bertanya-tanya, kali ini eyang ibung meramalkan gempa tersebut akan terjadi di jam berapa.

ramalan gempa eyang ibung asli

Apakah Ramalan Eyang Ibung Asli ?

Setelah melihat postingan dari eyang ibung mengenai ramalan gempa yang akan terjadi begitu akurat, penulispun mencoba mencari tahu kebenaran postingan tersebut, apakah itu editan atau tidak. Karena perlu kita ketahui postingan pada facebook bisa di edit berulang-ulang.

Baca Juga :  Kegiatan Vaksin MR Akan Dilaksanakan Kembali Di Balikpapan

Penulispun mencoba secara langsung menggunakan 2 akun facebook yang berbeda, dimana pada akun pertama membuat postingan yang telah di edit. Kemudian akun ke dua berfungsi untuk mengecheck postingan akun pertama apakah ada perbedaan.

Setelah melakukan percobaan ternyata ada perbedaan pilihan pada postingan yang telah di edit. Postingan yang telah di edit terdapat pilihan ” Lihat Riwayat Pengeditan “. Setelah penulis mengklik lihat riwayat pengeditan maka semua history pengeditan postingan akan muncul.

riwayat pengeditan facebook

melihat riwayat pengeditan postingan facebook

Penulispun melakukan uji coba untuk melihat postingan eyang ibung apakah asli atau telah di edit. Namun ternyata penulis tidak menemukan pilihan ” lihat riwayat pengeditan ”

ramalan gempa eyang ibung palsu

Penulis sendiri hingga detik ini belum mengetahui apakah ada cara lain untuk melihat keaslian postingan pada facebook atau tidak. Namun penulis percaya, ada beberapa orang yang memang diberikan kelebihan oleh Yang Maha Kuasa.. Namun dibalik kejadian ini, jangan sampai kita terlena dengan sebuah ramalan dan menghilangkan keyakinan kita terhadap Yang Maha Kuasa.

News Feed