by

Bersihkan AC Selalu Isi Freon ? Jangan-jangan kamu ditipu ? Yuk Baca Ini

-Berita-374 views

Panasnya kota Balikpapan membuat kebanyakan warganya memiliki pendingin ruangan di rumahnya. Namun banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya Freon pada AC tidak perlu di isi ulang dalam jangka waktu yang sangat lama.

Freon pada AC sebenarnya tidak perlu di isi ulang seperti 3 bulan sekali atau 2 bulan sekali. Secara umum freon pada AC dapat bertahan kurang lebih hingga 3 tahun bahkan lebih. Penyebab utama Freon pada AC habis adalah terjadinya kebocoran pada AC itu sendiri atau tegangan listrik yang tidak stabil.

Penulis sendiri pernah melakukan riset beberapa bulan kemarin mengenai tukang AC yang nakal saat melakukan pembersihan AC. Test pertama memanggil tukang AC untuk pembersihan pada bulan Januari 2019 dengan alasan mengeluh bahwa AC tersebut tidak dingin ( padahal AC tersebut sudah tidak pernah di isi freon sejak 2018 dan kondisi AC masih sangat dingin ) , saat itu tukang AC tersebut mengatakan bahwa Freonnya habis. Di awal Februari 2019 penulispun mencoba kembali memanggil tukang AC yang berbeda dan bersandiwara mengatakan AC tersebut tidak dingin padahal aslinya masih dingin. Tukang AC yang penulis panggilpun mengatakan bahwa freon tersebut habis dan harus di isi ulang. Jika disimpulkan Penulis mengisi Freon AC sebanyak 2 kali dalam 1 bulan.

Seperti yang penulis katakan bahwa Freon AC tidak akan habis dalam jangka waktu yang sangat lama, kecuali terjadi kebocoran.

Lalu kenapa setiap melakukan perawatan AC selalu isi Freon ?

Menurut pengamatan penulis, hal tersebut ternyata bisa jadi kecurangan dari tukang AC tersebut. Apakah anda pernah mengawasi tukang AC saat membersihkan AC anda ? Perlu anda ketahui bahwa keran Freon pada AC bisa sengaja dibuka agar freon bisa terbuang sia-sia, dengan kondisi seperti ini maka tukang AC bisa menawarkan jasa pengisian FREON.

Tukang AC seharunya bisa memprediksi kenapa freon bisa habis, namun sangat langkah terjadi jika terjadi kebocoran.

Lalu apakah anda benar-benar tahu bahwa setiap Freon wajib memiliki tekanan standart ? Jika Freon telah dibuang otomatis tekanan Freon akan habis. Jika tukang AC mengatakan bahwa anda harus mengisi freon, pastikan saat mengisi freon tekanan Freon berada di 80 PSi (standart), setiap jenis AC memiliki tekanan yang berbeda-beda kalian bisa googling terlebih dahulu. Ini dilakukan agar kalian tidak tertipu dua kali, jangan-jangan sebenarnya freon tidak di isi.

Ada baiknya anda selalu mengawasi tukang AC saat melakukan perawatan, freon yang dibocorkan dengan sengaja akan menimbulkan suara seperti gas bocor. Umumnya AC menjadi tidak dingin karena saringan udara pada AC terjadi penumpukan debu.

 

News Feed