oleh

10 Foto Before-After Dampak Corona Saat Lockdown

Balikpapanku.id – Kalau dipikir-pikir, sudah lama banget bumi belum pernah bernafas selega seperti saat karena dampak corona saat lockdown. Beberapa data ilimiah menyebutkan bahwa terjadi penurunan polusi udara dalam skala global di seluruh dunia. Dan meskipun efek negatifnya memang banyak banget, namun ada hal positif juga yang didapat berkat pandemi corona ini meskipun tidak banyak namun vital. Salah satunya ya langit makin bersih, makin asri serta beberapa pertambangan ataupun perusahaan yg menggunakan isi bumi sebagai sumber penghasilan stop beroperasi sejenak.

Bahkan index polusi di kota-kota besar tercatat turun 50% dan itu merupakan nilai yang sangat bagus berkat kebijakan lockdown yang membuat orang-orang berada di dalam rumah sehingga mobilitas terbatas. Bahkan cina yang tingkat polusinya tertinggi juga mengalami penurunan hingga 30% lebih. Pasti kalian penasaran bukan dengan suasana kota-kota besar di dunia selama pandemi ini berlangsung? nah berikut daftar foto-foto before after dampak corona saat lockdown yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

Los Angeles, Amerika

sumber

Kota terpadat ke dua di amerika setelah New York ini merupakan salah satu kota yang tidak pernah tidur. Tapi berkat lockdown ini, gantian sumber polusi yang terpaksa ‘tidur’ dan imbasnya bisa dilihat melalui gambar di atas. Pemandangan gunung San Gabriel dari foto tanggal 14 April 2020 yang dari dulu tidak pernah terlihat karena tertutup polusi udara bisa terlihat jelas.

 

Milan, Italia

sumber

Berkat lockdown, kota yang pernah mendapat predikat sebagai kota paling berpolusi se-Eropa pada tahun 2008 ini bisa memperbaiki predikatnya. Dan dampak selama lockdown sepertinya sangat bagus dikarenakan pemerintah kedepannya akan membuat kebijakan terkait pengurangan kendaraan.

 

Jakarta, Indonesia

Ibu kota negara tercinta kita ini memang tercatat sebagai salah satu kota penghasil polusi terbesar di indonesia. Sehingga presiden kita pun berencana untuk memindahkan ibu kota kita ke provinsi baru untuk mengurangi beban tersebut. Namun semenjak lockdown, jakarta menjadi lebih bersih bahkan bintang orion yang dulunya hampir mustahil bisa dilihat dari langit jakarta, sekarang gampang dilihat. Dan melalui foto  yang diambil 26 Juli 2018 dan 16 April 2020 dibawah ini, kalian bisa meliat perbedaan langitnya.

sumber

 

Sungai Yamuna, New Delhi

sumber

 

Jangan senang dulu, foto yang diatas bukan foto sungai yang ada bongkahan es seperti di kutub utara. foto pertama itu merupakan pemandangan sehari-hari di sungai yamuna dan itu adalah busa imbas dari polusi yang terjadi di sana.  Coba bandingkan foto kedua yang diambil tanggal 8 April 2020 dengan foto pertama pada maret 2018.

 

The Woodlands Causeway, Singapura

sumber

 

Foto yang diambil di woodland causebay ini merupakan pemandangan sebelum dan sesudah corona. Bisa kalian lihat di foto pertama, macet dan antrian kendaraan yang mengular dan bandingkan dengan foto kedua.

 

Mekah, Arab Saudi

sumber

Kedua foto tersebut diambil pada tanggal 14 Februari 2020 dan 3 Maret 2020.

 

Beijing, Cina


Foto yang berlokasi di Tiananmen Square, Beijing ini diambil pada Februari tahun 2019 dan 2020.

 

Wuhan, Cina

sumber

Kota yang disebut-sebut merupakan asal muasal dari virus corona ini juga mengalami lockdown parah. Dan terlihat melalui foto diatas perbandingan dari citra satelit yang diambil pada tahun 2017 dan februari 2020 setelah virus corona merebak.

 

Erbil, Irak

sumber

Foto tersebut diambil di kastil pemerintahan erbil pada maret 2020.

 

Islamabad, Pakistan

sumber

Pemandangan diatas diambil dari Daman-e-Koh Point di Islamabad pada Agustus 2017 dan April 2020.