by

Waspadai, Masalah Pendengaran Bisa Dipicu 4 Faktor Berbahaya Ini!

Alat bantu dengar merupakan salah satu sarana yang banyak digunakan oleh mereka yang memiliki masalah dengan gangguan pendengaran, misalnya tidak bisa mendengarkan suara dengan jelas, hal ini bisa terjadi karena faktor usia. Mengingat pada dasarnya semakin bertambahnya usia maka fungsi dari indera pendengaran ini semakin lama juga akan turun, sehingga tidak bisa mendengarkan suara sejelas dulu, jadi membutuhkan alat bantu.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri jika seandainya masalah yang berkaitan dengan pendengaran tersebut juga bisa terjadi pada anak muda, disebabkan oleh faktor kebiasaan yang kurang sehat atau sejenisnya. Penyebab kehilangan atau berkurangnya kemampuan dalam mendengarkan suara ini juga bisa terjadi karena faktor-faktor yang sangat berbahaya sehingga patut diwaspadai, diantaranya adalah:

  1. Tumor, jaringan baru yang tumbuh di bagian otak yang mengatur kemampuan dalam mendengar atau yang dikenal sebagai lobus parietal ini nantinya juga dapat memicu seseorang menghilang kemampuannya di dalam mendengarkan. Gejalanya hampir mirip dengan sakit kepala, sangat parah hingga seseorang terkadang kehilangan kemampuan mendengar.
  2. Multiple Sclerosis atau yang dikenal juga sebagai MS, gangguan yang terjadi pada sistem syaraf ini nantinya akan mempengaruhi bagian sel syaraf dalam otak dan juga pada sumsum tulang belakang, kerusakan yang terjadi pada serat syaraf ini bisa membuat pendengaran hilang secara tiba-tiba.
  3. Pecahnya gendang telinga, gendang telinga ini adalah bagian yang sangat penting dalam mengatur pendengaran seseorang, jika ia mengalami masalah seperti robek atau pecah, tentu saja nantinya pendengaran akan terganggu, bahkan menghilang.
  4. Anemia, kekurangan sel-sel darah merah tidak hanya memicu gejala seperti lemah dan juga lesu, melainkan lebih dari itu juga membuat penderitanya akan mengalami gangguan pada pendengaran.

Untuk itulah maka Anda baiknya jika bagian telinga atau pendengaran sudah mulai bermasalah, maka Anda segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut, karena bisa jadi faktor penyebabnya sangat berbahaya. Biasanya jika masalahnya sepele makan akan direkomendasikan pemakaian ABD. Hearing aid Jakarta ini bisa Anda temukan di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai.

 

News Feed