oleh

Waspada Pembajakan Telepon Menggunakan Kode Unik *21*

-Techno-3.719 views

Kemarin salah satu artist tanah air yaitu Maia Estianty ditipu oleh salah satu Oknum driver Ojek Online. Bukannya mendapatkan pesanan GoFood, namun hampir semua data telepon Maia Estianty malah dibajak.

Maia Estianty membagikan pengalamannya tersebut pada sebuah postingan Instagram, namun entah mengapa postingan tersebut mendadak hilang, dimana Maia sendiri kebingungan kenapa postingan tersebut bisa hilang secara tiba-tiba. Hal ini diungkapkan Maia Estianty melalui postingan Instagram Story miliknya.

postingan maia estianty hilang

Dari postingan tersebut ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui istilah call forwarding, yaitu dimana seluruh data telepon akan diteruskan kepada nomor yang telah disiapkan. Istilah Call Forwarding banyak dilupakan oleh banyak orang semenjak istilah Smartphone mulai meramaikan pasar telepon genggam di Indonesia.

Ada beberapa kode unik yang bisa digunakan untuk memanfaatkan fitur call forwarding. Namun tidak semua smartphone menggunakan kode unik yang sama. Berikut adalah kode unik yang mesti kalian waspadai jika oknum penipu mencoba menyuruh anda mengaktifkannya.

Baca :  Segera Hadir ! Ini kabar Terbaru Sony Playstation 5

Forward service Activate Cancel & Deregister Cancel & Retain Status Reestablish
Unconditional forwarding:
Semua Telepon *21*[phone number]# ##21# #21# *#21# *21#
Conditional forwarding:
Jika Sibuk *67*[phone number]# ##67# #67# *#67# *67#
Jika Tidak Menjawab *61*[phone number]# ##61# #61# *#61# (incl. time delay) *61#
Jika Diluar Jangkauan *62*[phone number]# ##62# #62# *#62# *62#
Meneruskan Semua *002*[phone number]# ##002# #002# *#002# *002#
Meneruskan Segala Kondisi *004*[phone number]# ##004# #004# *#004# *004#

Bahaya Call Forwarding ?

Call forwarding akan meneruskan semua panggilan ke nomor telepon yang dituju. Walaupun setau penulis sms dan mms tidak diteruskan, namun beberapa payment gateway menyediakan verifikasi login device terbaru menggunakan panggilan telepon. Dimana kita ketahui istilah OTP diterima melalui sms, ada jenis OTP yang akan dikirimkan melalui panggilan telepon.

Lalu bagaimana menonaktifkan Call Forwarding ?

Seperti yang tertera pada table di atas, jika kalian mengaktifkannya secara tidak sengaja menggunakan *21* maka untuk menon-aktifkannya kalian hanya perlu menekan #21#.

Baca :  Ajukan Pinjaman Kilat dan Menang Reward Langsung? Raih Sekarang dari Aplikasi Indodana

Kalau kalian sendiri lupa pernah mengaktifkan atau tidak call forwarding dan ingin mengetahui nomor tujuan forward, kalian bisa mendatangi kantor pelayanan provider kartu GSM yang kalian miliki untuk mendapatkan info secara detile dan akurat. Dengan mendatangi kantor pelayanan provider Kartu GSM kalian juga bisa mengetahui apakah nomor kalian pernah teregister di layanan lain tanpa kalian sadari atau tidak sengaja mengaktifkannya.

Jadi kalau kalian menerima panggilan atau sms untuk mengaktifkan dengan kode unik diatas sebaiknya jangan dihiraukan ya ces. Karena jaman sekarang smartphone udah seperti harta karun yang diincar oleh para pembajak. Semoga bermanfaat.

Komentar