oleh

5 Manfaat Menabung Saat Pandemi Corona

Balikpapanku.id – Semakin kesini, pandemi wabah corona semakin membuat dampak yang kian mengkhawatirkan. Banyak sekali sektor bisnis yang terkena imbasnya. Dan hal ini berarti membuat banyak orang yang mengubah budaya konsumtif dan lebih memilih menyimpan uangnya untuk kebutuhan yang lebih penting di masa depan. Belum lagi ancaman PHK atau unpaid leave yang bisa mengancam sewaktu-waktu tentu harus membuat anda mempersiapkan masa depan lebih matang dengan menabung.

Tentu banyak diantara kalian yang merasa sulit untuk menabung. Tenang guys, masih banyak orang kok yang sampai sekarang itu merasa kesulitan untuk menabung dikarenakan banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Nah buat kalian yang ingin lebih merasakan manfaat menabung saat pandemi corona seperti ini, simak tips dan manfaat yang dirangkum oleh tim Balikpapanku.

 

1. Membantu Saat Kondisi Darurat

Balikpapanku - Money Saving
sumber

Kebayang enggak seandainya ditengah pandemi ini kalian terkena (amit-amit) PHK dan dapur keluarga harus tetap mengepul. Atau saat kecil kalian diajarkan sama orang tua ketika ingin meminta sesuatu seperti misalnya tamiya disuruh menabung dari uang yang diberikan setiap hari?

Dari situ kita belajar kalau masa depan kita itu harus direncanakan meskipun tidak pasti. Selain itu kita dituntut untuk selalu mempersiapkan jauh-jauh hari ketika ada kemungkinan terburuk. Karena dengan adanya tabungan, ketika kalian butuh sesuatu ataupun ingin membuka usaha sendiri tidak perlu pusing mengumpulkan modal.

Baca :  Walaupun Panas Peserta Indo Hash 2017 Jalan Dari E-Walk Ke Kilang Mandiri

Lagian kalau kalian misal belum menikah dan ada keinginan untuk menikah, ketika mampu membiayai prosesi pernikahan dengan biaya sendiri dari hasil menabung itu lebih keren meskipun acaranya sederhana dibandingkan menikah tapi semua uangnya dari orang tua.

 

2. Melatih Disiplin

Balikpapanku - grow wealth concept
sumber

Jujur, disiplin itu merupakan sifat yang untuk beberapa orang masih sangat susah dilakukan. Apalagi dikaitkan dengan budaya menabung. Nah salah satu manfaat menabung itu bisa melatih kedisiplinan kalian.

Bisa dimulai dari menyisihkan misalnya 10.000 setiap hari secara rutin atau disesuaikan dengan kemampuan keuangan kalian. Contohnya uang jajan kalian setiap hari 100 ribu, kalian bisa mengubah jadi 80 ribu. Jika kalian lakukan setiap hari, secara tidak langsung sudah melatih komitmen kalian dan hal ini sangat berguna sekali untuk masa depan dan pribadi kalian kelak.

 

3. Melatih Sikap Sederhana dan Tidak Boros

Balikpapanku -
sumber

Valentine itu bukan budaya kita, budaya kita itu gaji 5 juta kredit agya. Nah mindset tersebut yang harus diubah dari dini. Karena hal tersebut cuma memenuhi ego kalian namun ga bikin masa depan dan pola pikir kalian lebih baik.

Seandainya kalian mengurangi pola pikir konsumtif  hanya untuk gengsi atau lifestyle akan banyak sekali manfaatnya. Dengan rajin menabung kalian akan mulai bisa memetakan mana kebutuhan dan keinginan.

Dan ini bukan berarti pelit kok, karena mau bagaimanapun prioritas hidup itu ada di tangan kalian sendiri, bukan di tangan sales atau promo online store.

Baca :  Begini Caranya Mengurus SKCK Online Di Balikpapan

 

4. Melatih Kesabaran

Balikpapanku - 55ae82addd4a7fb921e6b2396c596795
sumber

Manfaat menabung yang lain adalah kalian bisa melatih kesabaran. Dengan menabung kalian diajarkan untuk bersikap bahwa tidak ada yang instan dalam menginginkan sesuatu.  Butuh banyak pengorbanan seperti menahan diri untuk tidak tergiur kredit atau membeli hal yang kurang penting.

Dan dengan melatih kesabaran, secara tidak langsung juga berimbas kepribadi kalian loh. Kalian bisa lebih sabar saat menghadapi macet, atau saat antri dll. Dan yang pasti kalian akan berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

 

5. Lebih Jago Menata Keuangan

Balikpapanku - Cara Mengatur Keuangan yang Gak
sumber

Nah seandainya kalian sudah terbiasa menabung, kalian akan semakin jago dalam menata keuangan kalian apalagi ditengah pandemi corona ini. Antara pemasukan dan pengeluaran lebih imbang sehingga tidak adalagi pepatah besar pasak daripada tiang. Atau ketika terjadi kemungkinan terburuk atau hal-hal urgent, kalian ada cadangan keuangan untuk digunakan.

 

Jadi mau tunggu kapan lagi? ingat budaya kita bukan lagi BPJS (Budget Pas-pas an Jiwa Sosialita) tapi rajin menabung pangkal kaya. Dan jangan lupa update terus berita dan artikel yang menarik hanya di balikpapanku. Tetap semangat ditengan pandemi corona serta tetaplah menabung~!

Komentar