oleh

Kenali Perbedaan Lochia dan Haid Setelah Melahirkan

Bulan-bulan setelah melahirkan, adalah hal biasa bila mengalami menstruasi yang tidak teratur. Wanita yang menyusui lebih cenderung mengalami menstruasi yang tidak teratur, karena hormon yang mendukung menyusui dapat menyebabkan tubuh menunda ovulasi atau jarang mengalami ovulasi. Bahkan pada wanita yang tidak menyusui, menstruasi mungkin tidak teratur, karena tubuh membutuhkan waktu untuk pulih dari kehamilan dan persalinan.

Seiring waktu, menstruasi akan kembali ke pola biasanya. Namun, beberapa wanita mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur sebelum kehamilan, seperti mereka yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau endometriosis. Jika seorang wanita khawatir tentang periode postpartum yang tidak teratur, yang terbaik adalah mereka berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan penyebabnya.

Lochia adalah keluarnya cairan dari vagina setelah melahirkan. Ini dimulai dengan pendarahan hebat dan mungkin berwarna merah gelap dan penuh gumpalan. Selama beberapa hari atau minggu, perdarahan menjadi lebih ringan, akhirnya berubah menjadi merah muda, coklat, dan cerah.

Baca :  Tips Berolahraga Untuk Ibu Hamil

Hal umum bagi wanita untuk mengalami beberapa kram ketika melewati lokhia karena rahim berkontraksi karena kembali ke ukuran biasanya. Lochia bukanlah menstruasi. Ini adalah tanda bahwa tubuh masih belum pulih dari melahirkan, karena rahim melepaskan lapisan yang mendukung kehamilan. Anda bisa menggunakan pereda nyeri haid seperti heater pads dari ifree Indonesia. Hal ini sangat memudahkan untuk mereka yang baru melahirkan, dengan cara penggunaan yang praktis dan tidak merepotkan. Anda tetap bisa sambil menyusui bayi anda.

Sebuah tinjauan tahun 2012 menemukan bahwa perdarahan lokia berlangsung dari 24 hingga 36 hari. Namun, hanya satu studi yang mengikuti peserta sampai perdarahan berhenti, yang berarti perdarahan pascapersalinan berlanjut setidaknya 3 sampai 5 minggu, tetapi mungkin lebih lama. Sementara lochia dan menstruasi dimulai dengan darah merah terang, lochia cenderung menjadi lebih cerah seiring berlalunya waktu, sementara darah dari suatu periode haid menjadi gelap seiring berjalannya waktu.

Baca :  5 Manfaat Susu Kurma Saat Menjalani Ramadhan

Wanita yang menyusui mungkin tidak memiliki periode postpartum selama berbulan-bulan karena menyusui sering mencegah ovulasi dan menstruasi berikutnya. Beberapa wanita menyusui sebagai metode pengendalian kelahiran. Tetapi Cochrane tahun 2015 dari penelitian sebelumnya menemukan bahwa 11,1 hingga 39,4 persen wanita yang menyusui memiliki setidaknya satu periode dalam 6 bulan setelah melahirkan.

Ketika perubahan pada periode haid anda menyakitkan atau mengganggu, sebaiknya berbicara dengan dokter, yang dapat membantu meringankan keluhan anda.