oleh

7 Kejadian Lucu Saat Ramadhan Yang Susah Dilupakan

Balikpapanku.id – Sebentar lagi kita memasuki bulan ramadhan yang notabene bulan penuh rahmat dan berkah. Bulan dimana segala kegiatan positif dan ibadah kita dilipatgandakan dibanding bulan-bulan biasa. Dan biasanya orang-orang berlomba-lomba menabur kebaikan dan menabung pahala  sebanyak-banyaknya. Biarpun beberapa orang mendadak religius saat puasa, ada saja tingkah laku dan kejadian lucu saat ramadhan yang pasti pernah dilakukan kalian pada jaman dahulu bahkan sampai sekarang.

Nah berikut daftar kejadian lucu saat ramadhan yang berhasil dirangkum oleh tim balikpapanku dari berbagai macam sumber dan pengalaman.

 

Suara anak kecil mengajak TPA saat sore

Kejadian Lucu Saat Ramadhan

Kebanyakan dari kalian pasti mengalami momen ini. Saat sore menjelang berbuka puasa biasanya ada pengajian untuk anak-anak dan bisa dipastikan anak-anak yang ikut pengajian dan datang duluan pasti berebut untuk ngomong di microphone dengan template mirip seperti ini saat kedengaran suaranya dari toa masjid:

“cekikik cekikik (backsound suara anak2 ramai tertawa) teman-teman, sudah jam 4 sore (cekikik cekikik), ditunggu kedatangannya di masjid (cekikik cekikik) untuk TPA ya? jangan lupa (cekikik cekikik)”.

 

Tidur berjamaah setelah sholat jamaah.

Balikpapanku - suasana pelataran masjid nabawi madinah yang dipenuhi jamaah i tikaf  180607161407 281
republika

Kalian yang menerapkan prinsip tidur adalah ibadah pasti pernah atau sering melakukan hal ini. Setelah sholat dhuhur di masjid, pasti udah ga asing dengan pemandangan orang-orang yang meluangkan waktu untuk rebahan barang sejenak. Selain menerapkan prinsip tidur adalah ibadah, sepertinya pepatah tipulah lapar dengan tidur juga sangat berguna. Memang sepertinya menjadi kaum rebahan adalah salah satu dari sekian banyak cita-cita warga +62.

Baca :  10 Kenangan Ramadhan Waktu Masa Kecil Dulu Yang Tidak Terlupakan

 

Rutinitas macet saat sore.

Balikpapanku - Tembalang%2BMacet%2BRamadhan%2B1
sumber

Entah kenapa, setiap sore menjelang magrib saat ramadhan itu selalu terjadi kemacetan dimana-mana, entah karena banyaknya orang-orang yang buru-buru pengen cepet sampai rumah supaya bisa berbuka puasa bareng dengan keluarga, atau pada ngabuburit. Yang jelas, di kota manapun, pemandangan macet saat sore hari ini menjadi salah satu rutinitas yang lucu dan lazim ditemui saat ramadhan.

 

 

Jadi tukang sensus dadakan.

Balikpapanku - takjil buka puasa bersama di masjid raya makassar 20150622 160519

Jangan salah tanggap, tukang sensus dadakan di sini yang dimaksud adalah menjadi umat islam yang rajin nyari takjil. Apalagi buat mahasiswa atau perantau yang kiriman dari orang tua suka pas-pas an, takjil adalah koentji untut mengirit. Bahkan beberapa orang termasuk penulis sendiri saat masih jadi mahasiswa  kos-kosan, udah hapal diluar kepala masjid mana saja yang menu buka puasanya komplit dengan nasi dan lauk, tidak cuma snack.

 

Jadi kaum tarawih aliran qulhu wae lek.

Balikpapanku - anwar zahid qulhu wae lek kesuwen andumhumor

Akui saja, pasti kalian lebih suka tawarih yang rakaat dan bacaannya surat-surat pendek kan? bahkan sampai ada anekdot di jawa yang dipopulerkan oleh kyai Anwar Zahid asal Bojonegoro  kulhu wae lek, kesuwen (artinya: surat al-ikhlas aja pakde, kelamaan). Karena biasanya kalau imam membacakan bacaan surat yang panjang-panjang, membuat kalian ngantuk dan mendadak ingin menjadi kaum rebahan.

Baca :  5 Daftar Aplikasi Islami Terbaik Untuk Persiapan Ramadhan

 

Antrian kamar mandi setelah subuh.

Balikpapanku - r
sumber

Buat kalian anak kos yang kebetulan kamar mandi diluar, pasti sudah apal dengan ritual ini. Jangankan untuk anak kos-an, yang tinggal di rumah sendiri bareng keluarga saja pasti sering mengalami momen ini kok. Bahkan saat ramadhan, setiap habis sahur ataupun sholat subuh, kamar mandi selalu menjadi spot paling jadi rebutan entah untuk buang air besar, sikat gigi, mandi atau bahkan “keramas”.

 

Lupa doa qunut.

Balikpapanku - Shalat
sumber

Kalo kalian melihat momen ini dilakukan orang lain, berarti ibadah kalian kurang khusyuk. Tapi momen seperti ini ada aja kok dialamin beberapa orang setiap tarawih. Biasanya yang lupa doa qunut  setelah rukuk langsung sujud dan suka mendadak berdiri lagi sembari celingukan entah mencari teman senasib atau merasa malu karena salah.

 

Dari 7 kejadian lucu saat ramadhan, manakah diantara dari kalian yang sering mengalami? atau mungkin ada tambahan kejadian lagi? bisa cantumin di kolom komentar ya guys!

 

 

 

 

Komentar