oleh

Ini Karakteristik Produk Obligasi yang Harus Diketahui Sebelum Membelinya

-Finance-2.215 views

Hampir sama dengan produk asuransi terbaik, obligasi juga memiliki beberapa ciri-ciri dan karakteristik yang melekat padanya. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk membeli produk investasi obligasi, ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu.

Beberapa Karakteristik Produk Obligasi

Dibandingkan dengan investasi lainnya, obligasi memiliki beberapa karakteristik dan ciri-ciri yang khas. Berbeda dengan produk asuransi, ini dia beberapa karakteristik obligasi yang harus Anda ketahui.

  1. Tingkat Kupon/Bunga

Tidak seperti produk asuransi, dalam investasi obligasi, istilah bunga lebih dikenal dengan sebutan kupon. Bunga yang ada pada obligasi sendiri biasanya disertakan dalam bentuk nilai nominal obligasi dan wajib dibayar oleh para pemegang obligasi.

Periode pembayarannya sendiri bervariasi mulai dari 3 hingga 6 bulan sekali. Jenis kupon obligasi ini juga bermacam-macam mulai dari kupon mengambang (floating coupon) dan kupon tetap (fix coupon). Perbedaannya terletak dari nilai besaran bunga yang ditetapkan.

  1. Waktu Jatuh Tempo yang Bervariasi

Berbeda dari produk asuransi, pemegang obligasi biasanya akan menerima utang dari penerbit obligasi dalam waktu tempo yang berbeda-beda mulai dari jangka waktu 1 hingga 5 tahun. Semakin singkat waktu jatuh tempo yang dibebankan, maka risikonya juga semakin kecil dan keuntungannya lebih mudah untuk diprediksi.

Sedangkan semakin lama waktu jatuh tempo yang dibebankan, maka keuntungannya menjadi semakin sulit untuk diprediksi karena adanya dampak inflasi dan besaran suku bunga yang tidak stabil.

  1. Nilai Nominal yang Tinggi

Nilai obligasi nominal yang diterbitkan oleh suatu perusahaan biasanya bernilai miliaran. Jika suatu perusahaan menerbitkan obligasi pada nilai nominal Rp.100 miliar, maka pembelian minimal yang bisa dilakukan yaitu Rp.1 miliar.

Obligasi yang telah dibeli nantinya akan menjadi milik investor dan kemudian akan dicatat dan juga dijualbelikan pada pasar bursa. Harganya juga bisa fluktuatif dimana yang nominal awalnya 100% dapat meningkat menjadi 110%, 115%, atau lebih tinggi lagi.

Cara membeli obligasi akan semakin mudah dan praktis jika dilakukan via online. Agar lebih aman, Anda juga bisa mengunjungi website https://id.tanamduit.com/ karena proses verfikasinya dilakukan dengan menggunakan sidik jari. Selain itu proses pembayarannya juga lebih mudah karena bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai metode.

Komentar