oleh

5 Ide Ngabuburit Ramadhan Yang Cocok Ditengah Pandemi Corona

Balikpapanku.id – Bulan suci ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah akan datang sebentar lagi, tentunya bulan ramadhan kali ini akan terasa berbeda dibanding bulan ramadhan sebelumnya dikarenakan kita sedang ditengah pandemi corona yang belum bisa dipastikan kapan berakhir. Belum lagi banyak kota-kota di Indonesia sedang menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), yang tentunya membuat anda bingung saat sore ingin melakukan ide ngabuburit ramadhan yang seperti apa.

Mungkin pada bulan-bulan sebelumnya, kalian bisa banyak melakukan hal untuk menunggu buka puasa tiba, mulai dari jalan ke mall sekaligus nonton bioskop, jlan jalan sore sembari nyari takjil ataupun hal-hal seru lainnya bersama keluarga atau teman. Namun mengingat sekarang berlangsung PSBB, berikut daftar ide ngabuburit ramadhan yang seru tanpa harus melanggar aturan PSBB.

 

Membaca buku

ide ngabuburit ramadhan
sumber

Memang benar, sekarang sumber ilmu itu tidak melulu dari buku, bahkan dari handphone yang kita pegang pun merupakan sumber ilmu. Namun bayangin ketika handphone yang notabene smartphone dipegang oleh orang yang tidak smart? alih-alih mendapat ilmu, cuma menghabiskan waktu dengan nyebar hoax atau ngegame ampe lupa waktu, misalnya.

Bahkan menurut penelitian, dari membaca satu buku aja bisa menstimulasi mental dan otak kita loh, seperti meningkatkan konsentrasi ditengah lapar dan dahaga karena puasa. Dan yang paling penting selain menghabiskan waktu menunggu jam buka, kalian juga menambah wawasan dan kosakata.

Baca :  Mengintip 24 Destinasi Wisata Disekitar Kawasan Ibu Kota Baru

 

Bermain game bersama keluarga

Balikpapanku - 1
sumber

Saat berpuasa, tentu ada momen-momen yang bikin kalian suka berat menahan lapar dan dahaga padahal jam berbuka puasa masih lama. Nah kenapa tidak memilih untuk menghabiskan waktu sembari bermain game? selain ada banyak pilihan game seperti moba yang bisa dimainkan ramai-ramai berlima, kalian bisa bermain offline games seperti board game atau UNO. Selain bisa menambah kehangatan dalam berkeluarga, menurut penelitian, bermain game itu melatih konsentrasi dan membuat otak kalian bertambah cerdas loh.

 

Memasak bareng

Balikpapanku - cb22deb9811d2b76411f7b79a160ba14
sumber

Mungkin dulu sewaktu belum ada pandemi corona, buka puasa bareng di kafe atau restaurant menjadi salah satu pilihan buka puasa bareng bersama keluarga. Namun saat anjuran social distancing ini, tentu sangat mustahil bisa dilakukan. Coba untuk ramadhan kali ini kalian memasak sendiri, selain lebih ngirit juga bisa menambah keseruan saat menunggu berbuka puasa. Bayangin saat kalian bersama pasangan membagi tugas menyiapkan bahan makanan. Selain lebih irit juga lebih terjamin kesehatannya karena kalian sendiri yang menyiapkan bahan makanan dan alat masaknya.

 

Baca :  Jangan Salah Paham, Ini Salah Pemain Liverpool !

Melakukan perawatan diri

Balikpapanku - 08783288781011005331
sumber

Selain untuk meambah rasa percaya diri, melakukan perawatan diri bisa merelaksasi tubuh dan pikiran kalian, disaat seperti ini. Terutama yang WFH ataupun masih kudu berangkat ngantor. Karena me-time itu sesekali perlu, sebagai ucapan terima kasih dan anggap aja reward ke diri sendiri karena telah membantu dalam keadaan yang serba sulit ini. Kalian bisa luluran atau pake masker sembari baca buku atau ngegame sembari menunggu jam berbuka puasa. Percayalah, pasti pikiran dan badan kalian lebih tenang dan membuat kalian lebih khusyuk menjalani ibadah selama ramadhan.

 

Mengaji

Balikpapanku -
sumber

Dari 4 hal diatas dan mungkin masih ada banyak kegiatan lain yang bisa pembaca tambahkan, rasanya percuma kalau tidak melakukan hal utama dari ramadhan yaitu berbuat amal kebaikan dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kalian bisa mengaji dan kalaupun belum bisa membaca al-qur’an dengan lancar, kalian bisa membaca artikel ini yang berisi daftar aplikasi islami yang cocok untuk digunakan sehari-hari. Mulai dari jadwal adzan sampai al-qur’an online ada.

 

Gimana menurut kalian? atau kalian punya ide lain yang lebih seru dan bermanfaat? coba tulis di kolom komentar ya!

 

 

 

Komentar