oleh

Hati-Hati Saat Menjual atau Service HP, Data Kamu Bisa Dicuri

-Techno-5.040 views

Perkembangan teknologi membuat fungsi smartphone tidak hanya sebatas telepon genggam. Di jaman sekarang smartphone lebih banyak difungsikan sebagai dompet digital, dimana berbagai macam transaksi online dapat dilakukan dari genggaman tanganmu.

Apakah kamu menyadari bahwa smartphone yang kamu miliki ibarat sebuah dompet yang tidak lagi bisa diserahkan atau dipinjam orang lain sembarangan.

Tidak hanya sebagai dompet digital, beberapa orang menggunakan smartphone untuk melakukan aktifitas bisnis seperti mengirim dokumen penting, menyimpan foto-foto pribadi, belum lagi akses sosial media yang kamu miliki.

Bahkan jaman sekarang kehilangan smartphone lebih beharga dibanding kehilangan dompet.

Namun apakah kamu pernah menyadari, kesalahan dimana orang begitu gampang menyerahkan smarpthone yang mereka miliki kepada orang lain ? Yup, kebanyakan orang begitu gampang menyerahkan smartphone saat melakukan service hp atau menjual smartphone yang mereka miliki.

Bukan berarti semua tukang service hp tidak dapat dipercaya, namun tidak ada salahnya untuk mengantisipasi agar data anda tidak dicuri.

Baca :  Honda Luncurkan Konsep Sepeda Motor Anti Jatuh

Tips menjaga data smartphone agar tidak dicuri saat melakukan service hp.

  1. Servicelah hp kamu di service center resmi atau tempat service langganan kamu.
  2. Jika smartphone kamu memiliki data pribadi, pastikan tidak memberikan password / kunci hp. Jika tukang service mengatakan ingin mencoba untuk melakukan test, ada baiknya kamu datang ke tempat service tersebut dan membukanya di depan tukang service.
  3. Jangan pernah meninggalkan SIM Card di dalam HP saat melakukan service. Pasalnya beberapa aplikasi pembayaran online dapat digunakan di dua hp sekaligus. Tentunya OTP akan dikirimkan melalui nomor hp yang kamu miliki.
  4. Jangan meninggalkan kartu memori saat melakukan service hp. Tentunya kamu tahu, bahwa kartu memori dapat dengan mudah dipasangkan pada device lain dan data pada kartu memori kamu dapat dengan mudah untuk di copy.

Tips menjaga data smartphone agar tidak dicuri saat dijual

  1. Sebelum menyerahkan smartphone yang kamu miliki ada baiknya kamu melakukan format pada smartphone yang kamu miliki. Jika kamu tidak tahu bagaimana caranya memformat hp, kamu bisa tanyakan kepada pembeli hp bagaimana caranya memformat hp. Jika antara pembeli dan penjual tidak mengetahui cara memformat hp, kami sarankan anda untuk tidak menjualnya terlebih dahulu hingga kamu berhasil memformat hp yang kamu miliki.
  2. Jangan pernah memberikan kartu memori smartphone kepada pembeli. Kami lebih sarankan anda menjual smartphone tanpa kartu memori, pasalnya jika kartu memori tersebut pernah anda gunakan untuk menyimpan foto-foto namun sudah anda hapus. Ada kemungkinan file foto-foto pada kartu memori dapat dipulihkan / dikembalikan.
Baca :  Inilah 5 Mesin Pencarian Yang Sempat Booming Sebelum Google

Kemajuan teknologi jaman sekarang membuat kita harus sedikit mempelajari dasar-dasar teknologi yang kita gunakan. Jangan sampai karena kelalaian kita, data-data penting yang kita miliki malah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga tips di atas bisa menjadi ilmu yang bermanfaat buat kalian semua.

Komentar