oleh

6 Rekomendasi Film Religi Ramadhan Buat Teman Nonton

Balikpapanku.id – Akhirnya bulan suci ramadhan 1441H yang dinanti-nanti umat islam telah kembali datang. Meskipun bulan ini bakalan terasa berbeda dibanding ramadhan sebelumnya karena pandemi corona, bukan berarti niat untuk ibadah dan puasa full selama ramadhan terganggu. Kalian masih bisa tetap berpuasa ataupun melakukan aktifitas selama di rumah aja.

Kalian bisa mengaji ataupun melakukan hal-hal positif lain saat menunggu adzan magrib tiba, dan salah satunya bisa dilakukan dengan menonton film. Namun bijaklah dalam memilih film, karena salah-salah malah membuat ibadah kalian tidak sempurna ataupun malah batal. Oleh karena itu, tim balikpapanku akan merilis daftar rekomendasi film religi ramadhan yang bisa kalian tonton. Berikut daftar rekomendasi film religi ramadhan yang cocok untuk teman nonton kalian.

 

Daftar Rekomendasi Film Religi Ramadhan

 

99 Cahaya Langit di Eropa (2013)

Film yang dibuat berdasarkan novel karya hanum rais dan rangga almahendra ini bercerita tentang pengalaman seorang jurnalis yang berasal dari indonesia yang tinggal di Vienna, Austria untuk menemani suaminya yang sedang kuliah kedokteran. Film ini mengangkat tema tentang persahabatan yang dibalut konflik ditengah proses pengungkapan peradaban islam.

FIlm yang dibintangi Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, dan Raline Shah dengan anggaran 15 Milyar ini akan menghadirkan cerita yang cocok untuk suasana ramadhan kalian.

 

Baca :  Tingkah Unik Orang-Orang Melindungi Diri Dari Corona

Mencari Hilal (2015)

Film garapan Ismail Basbeth yang sukses memborong banyak piala di Indonesia Movie Award (IMA)2016 ini sangat layak ditonton. Bercerita tentang konflik antara bapak dan anak dalam perbedaan tentang pendapat agama yang sangat layak ditonton oleh kalian.

 

Sang Kiyai

Film ini bercerita tentang K.H Hasyim Asyari yang merupakan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dalam melawan penjajah bersama santri-santrinya. Berlatar belakang era sebelum Indonesia merdeka, film ini menyajikan kisah heroik pahlawan Indonesia yang dibalut dengan emosi tentang beratnya perjuangan pahlawan jaman dahulu dalam membebaskan diri dari penjajah.

 

Sang Pencerah

Boleh dibilang, film garapan hanung bramantyo ini dianggap sebagai salah satu pioner film indonesia yang bertemakan sejarah dan nasionalisme. FIlm ini bercerita tentang kisah kegigihan K.H Ahmad Dahlah yang merupakan pendiri Muhammadiyah dalam meluruskan kaidah islam.

Mengambil kisah salah satu tokoh pahlawan nasional, film ini menceritakan kegigihan K.H. Ahmad Dahlan yang berperan sebagai salah satu tokoh pendiri Organisasi Islam, Muhammadiyah dalam meluruskan kaidah Islam. Bahkan, film yang digarap Hanung Bramantyo ini dianggap sebagai pelopor kemunculan film dengan bertemakan sejarah dan nasionalisme.

Baca :  7 Hal ini Cuma Bisa Kamu Temukan Di Indonesia

 

 

Hafalan Shalat Delisa

Film yang diambil berdasarkan kisah dari buku karangan penyair kenamaan indonesia Tere Liye ini bercerita tentang beratnya perjuangan seorang anak berusia 6 tahun yang menghadapi bencana Tsunami Aceh dan perjuangannya dalam berusaha menghafalkan bacaan sholat.

 

Negeri 5 Menara

FIlm adaptasi novel yang ditulis oleh A. Fuadi ini mengisahkan perjalanan hidup 6 santri dengan latar belakang berbeda-beda yang tinggal bersama di sebuah pesantren namun memiliki keinginan yang sama untuk menakhlukan dunia. Dan mimpi tersebut dikemas apik dalam alur cerita dalam film yang disutradarai Affandi Abdul Rachman.

 

Inch Allah

rekomendasi film religi ramadhan

sumber

Film garapan sutradara Anais Barbeau-Lavalette yang dirilis pada tahun 2012 ini bercerita tentang kisah Chloe (Evelyne Brochu) yang bertugas menjadi dokter di wilayah konflik Israel-Palestina. Lewat film ini kalian akan diajak untuk menyelami lebih dalam konflik  Israel -Palestina dari kedua belah pihak. Berkat ide cerita yang mengangkat tentang konflik kemanusiaan antar kedua negara tersebut, film ini berhasil meraih penghargaan di Berlin International Film Festival dan Jutra Awards.

 

 

 

 

 

Komentar