by

Cerita Mikhael Meier Menjadi Produser Musik Dari Kamar Kos

Banyak penikmat musik di Balikpapan, namun tidak semuanya mampu untuk menciptakan sebuah musik. Produser Musik adalah salah satu profesi yang tugasnya untuk mengatur semua keperluan musik agar nyaman untuk di dengar. Jika dalam perfilman, mungkin kalian lebih mengenalnya dengan istilah Sutradara.

Tidak ada yang begitu membedakan antara Sutradara dan Produser Musik. Sutradara sendiri memiliki tim seperti DOP, Audio dll. Produser Musik sendiri juga memiliki tim, ada yang bagian create effect, composer dll. Namun hal yang seharusnya dikerjakan secara tim, ternyata dilakukan sendiri oleh Mikhael Meier.

Mikhael Meier adalah salah satu warga Balikpapan yang saat ini sedang berkuliah di Jogja dan berprofesi sebagai Produser Musik. Mencintai musik sudah dirasakannya sejak 2011, saat itu di Balikpapan komunitas musik sedang booming-boomingnya.

mikhael meier berawal dari kamar kos

Pada tahun 2011 Mikhael Meier sudah mulai mengenal aplikasi bernama Fruity Loops Studio, tidak ada yang mengajarinya saat itu, hingga dia harus mencobanya sendiri. Kecintaannya terhadap musik, membuat dirinya terus belajar menggunakan aplikasi Fruity Loops Studio, karya pertamanyapun tak sebagus sekarang, hanya teman-teman sekolah yang mendengarnya saat itu.

Pada tahun 2013 Mikhael Meiere harus pindah ke Jogja untuk sementara waktu, karena saat itu dia akan menempuh pendidikan di salah satu Universitas Jogja.

Semua Berawal ketika diajak seorang kawan untuk membuat sesuatu yang berbeda dari sebuah lagu yang ada (Remix), pada saat tersebut Meier merasa kalau memproduksi sebuah lagu lewat aplikasi FL Studio ini sangat seru untuk dikembangkan

mikhael meier perform stage

Ketika Berada Di Jogja

Walaupun menempuh jurusan yang berbeda dengan passionnya yaitu musik, Mikhael Meier tetap konsisten untuk menciptakan karya-karya terbaru. Di Jogja, Mikhael mengatakan banyak belajar mengenai cara membuat musik yang baik hingga bertemu dengan teman-teman sehobby.

Mikhael Meier sendiri menggeluti musik Culture EDM, dimana Bass House adalah genre yang dia ikutin sekarang. Dalam dunia EDM sendiri, Mikhael bukan tidak pernah mencoba genre yang lain, dia mengatakan genre EDM pertama yang dia sukai adalah Progressive House, namun dengan berjalannya waktu saat ini dia memilih fokus di genre Bass House.

Salah satu karya Mikhael Meier yang sempat viral di dunia maya yaitu Om Telolet Om Remix yang mencapai 10.1K pendengar

Saat ini Meier sudah bergabung dengan salah satu Label Music di Jakarta. Dua lagunya berhasil lolos qualifikasi agar bisa masuk di Spotify ataupun iTunes. Meier mengatakan tidak mudah untuk masuk di kedua Digital Music Service tersebut, kualitas dan original karya sangat diperhatikan.

Tidak hanya itu salah satu karya Mikhael Meier sendiri ternyata pernah digunakan oleh salah satu film layar lebar. Penulis sendiri sudah mencocokan lagu yang dibuatnya dengan lagu pada film tersebut, namun sangat disayangkan Meier melarang untuk menyebutkan judul film tersebut karena terikat perjanjian.

mikhael meier dj perform

Berapa lama menciptakan 1 buah lagu ?

Untuk menciptakan 1 buah lagu, Mikhael Meier bisa menghabiskan waktu kurang lebih selama satu bulan, Meier mengatakan itu adalah hal yang normal karena semuanya dikerjakan sendiri. Produser Musik sendiri harus mengatur moodnya agar kualitas musik yang diciptakan tetap terjaga. Bukan tidak bisa mengerjakan 1 buah lagu dalam waktu satu minggu, itu tetap bisa dilakukan dengan kondisi pengerjaan hampir 24 jam perhari, mood tidak stabil, dan feel hancur.

Tips Menjadi Produser Musik versi Mikhael Meier

Sebelum berfikir menjadi Produser Musik, Meier mengatakan kamu harus benar-benar yakin Musik adalah passion-mu. Jika kamu berani berkarya tanpa hasil uang, maka itu adalah passionmu, namun jika kamu menciptakan karya karena uang, pasti kamu akan segera bosan jika tidak mendapatkan uang dan akan beralih profesi. Dimana karyamu mulai dikenal banyak orang, dimana kamu dikenal karena konsisten, nilai komersil akan datang sendiri.

Dimana kamu mulai merasa jenuh, cobalah untuk rehat dulu atau mencari suasana baru yang berkaitan dengan lagu yang kamu buat. Misal kamu membuat musik dengan tempo slow, pergilah ke satu tempat dimana suasananya sangat tenang dan tidak berisik. Suasana baru sangat mempengaruhi moodmu dalam menciptakan sebuah karya, jadi kamu tetap harus peduli dengan mood yang kamu miliki, jangan memaksakannya.

Menjadi produser musik bukan masalah dari seberapa canggih perangkat yang kamu miliki, dengan perangkat sederhanapun sebenarnya kamu bisa menjadi seorang produser musik dengan kualitas yang siap bersaing. Meier sendiri melakukan aktifitas sebagai produser musik hanya dari dalam kosannya saja, jadi perangkat dan fasilitas itu sebenarnya hanya pendukung. Semangatmu dalam berkarya adalah senjata utamanya.

Bulan Maret 2019 Mikhael Meier akan balik ke Balikpapan, misinya untuk mengenyam pendidikan Sarjana di Jogja telah selesai. Meier berharap ilmu yang dia dapatkan mengenai Produser Musik di Jogja dapat dibagikan kepada teman-teman yang memiliki minat dan bakat yang sama di Balikpapan. Buat teman-teman yang mau sharing dengan Mikhael Meier bisa langsung email ke : [email protected]

Inilah beberapa karya Michael Meier yang kalian bisa kalian dengarkan secara gratis. #wargabalikpapanhebat

News Feed