oleh

Cek IMEI Ponsel Kamu Sekarang, Pemerintah Berencana Memblokir Layanan Ponsel Ilegal

-Featured, Gadget-1.131 views

Isu mengenai pemblokiran ponsel ilegal semakin menemukan titik terang, beberapa jam yang lalu penulis mendapat kabar, bahwa cek IMEI Ponsel sudah bisa dilakukan melalui situs Kementerian Perindustrian.

Kemenperin menegaskan bakal memblokir peredaran ponsel ilegal alias smartphone black market ( BM) di Indonesia melalui nomor IMEI. Jika nomor IMEI sebuah smartphone tak terdaftar pada database tersebut, kemungkinan besar ilegal.

Dilansir dari halaman Kemenperin sekitar 70 juta unit ponsel tidak terdaftar nomor IMEI-nya. Jika diasumsikan, biaya pendaftaran untuk mendapat IMEI adalah Rp500.000, maka terdapat Rp35 triliun potensi pendapatan yang gagal masuk ke kas negara. “Itu belum termasuk pajak pertambahan nilai yang 10%,” sebut mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini.

Cara Cek IMEI Ponsel

  1. Kalian bisa masuk ke halaman https://imei.kemenperin.go.id/
  2. Setelah itu kalian kalian bisa menekan *#06# pada menu panggilan
  3. Jika kalian memiliki ponsel dengan slot 2 kartu, kalian bisa mengecheck kedua IMEI atau salah satu IMEI yang terhubung dengan SIM Card.
  4. Kode IMEI yang muncul pada ponsel kalian, kalian masukan pada kolom Cek IMEI https://imei.kemenperin.go.id/
  5. Jika terdaftar maka akan muncul Tulisan ” IMEI terdaftar di database KEMENPERIN “

IMEI Tidak Terdaftar apakah di blokir ?

Belum ada kepastian bagaimana nasib IMEI yang tidak terdaftar. Bisa jadi program pengecekan IMEI melalui situs Kementrian Perindustrian belum final, karena belum semua data IMEI disimpan di dalam database KEMENPERIN .  Ada beberapa kasus netizen yang penulis temukan, seperti yang dialami oleh pengguna Xiaomi note 7 @alpudlian yang mengatakan IMEI nya tidak terdaftar, padahal belinya di outlet resmi Xiaomi.


Namun bagi kalian yang baru saja membeli ponsel di outlet resmi dan IMEI-nya tidak terdaftar, penulis sarankan untuk segera bertanya langsung ke outlet resmi tersebut. Alternatif lainnya kalian bisa datang ke kantor operator seluler kalian untuk menanyakan bagaimana mendaftarkan IMEI.

Kebijakan validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) jika sesuai rencana maka akan diterbitkan pada tanggal 17 Agustus 2019. Pemblokiran sendiri tidak langsung dilakukan, kurang lebih ada waktu 6 bulan untuk penerapan secara merata. Pemblokiran sendiri akan diterapkan jika sesuai rencana yaitu pada 17 Februari 2020. Jadi masih ada waktu untuk mendaftarkan IMEI ponsel kalian.

Baca Juga :  Jangan Terburu-buru Beli Smartphone Tahun Ini, 5 Smartphone 5G bakal muncul di Tahun 2019 !

Keuntungan Yang Didapatkan Jika IMEI Terdaftar

Imei adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP. Jadi jika kalian memiliki 2 slot SIM maka kalian akan mendapatkan 2 nomor IMEI. IMEI sendiri merupakan angka unik, dimana nomor IMEI yang kalian punya tidak akan sama dengan pengguna lainnya.

Jika digunakan dengan maksimal, dengan IMEI kalian bisa mengecek Identitas ponsel kalian, masa garansi ponsel kalian hingga melacak ponsel yang hilang.

News Feed