oleh

Tips dan Trik Daftar Situs Prakerja

Balikpapanku.id – Adakah diantara kalian yang ingin sekali mendaftar ke situs prakerja dikarenakan sedang menganggur atau terkena PHK saat pandemi corona atau hal yang lain? Nah kali ini tim balikpapanku ingin membagikan tips dan trik daftar situs prakerja dan kemungkinan besar pasti lolos. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang tips dan triknya, sudahkah kalian tahu apakah keuntungan ketika lolos pendaftaran di situs prakerja?

Jika kalian adalah warga negara indonesia yang berusia minimal 18 tahun dan kebetulan tidak sedang mengikuti pendidikan formal, kalian bisa mendaftar di situs prakerja dan akan mendapat bantuan uang senilai Rp 3.550.000 untuk  biaya pelatihan dan uang saku) dengan rincian sebagai berikut:

  • Rp 1.000.000 untuk bantuan pelatihan.
  • Rp 600.000 setiap bulan selama 4 bulan untuk bantuan pasca pelatihan (insentif)
  • Rp 150.000 untuk 3 kali ikut survey.

Nah dengan nominal uang segitu, selain kalian bisa mendapatkan pelatihan online secara gratis yang sangat berguna untuk masa depan kalian, selama 4 bulan kalian bisa mendapat uang saku yang bisa digunakan untuk modal usaha kecil-an atau digunakan sebagai uang saku ketika melamar pekerjaan sesuai dengan kemampuan kalian. Nah untuk kalian yang tertarik, kalian bisa mengikuti panduan yang disusun oleh tim balikpapanku ini:

 

Tips Daftar Situs Prakerja

Sebelum kalian memutuskan untuk mendaftar ke situs prakerja.go.id pastikan kalian menyiapkan hal-hal penting seperti di bawah ini.

  • Email yang masih aktif yang akan digunakan sebagai email untuk pendaftaran.
  • No telepon yang masih aktif untuk verifikasi OTP dan sebagai nomor kontak utama ketika ada info atau verifikasi dari pihak prakerja.
  • Foto KTP anda dalam kondisi jernih dan sertakan foto diri yang sedang memegang ktp. Ini digunakan sebagai syarat utama saat pendaftaran ke situs prakerja sebagai verifikasi data. kalian bisa lihat contoh fotonya seperti di bawah ini.
Baca :  Balikpapan Meraih Indonesia Road Safety Awards 2017

trik daftar situs prakerja

  • Internet (utamakan internetnya kecepatannya stabil)
  • Kalkulator. Kalau tidak punya kalkulator fisik, kalian bisa menggunakan kalkulator bawaan dari handphone.
  • PC / smartphone dengan koneksi internet untuk proses pendaftaran dan test.

 

Nah ketika kalian sudah menyiapkan hal diatas, kalian bisa masuk ke prakerja.go.id (disarankan oleh penulis untuk mendaftar saat malam atau tengah malam, sehingga potensi server down alias susah diakses seperti saat awal-awal kemunculan situs bisa diatasi.  Nanti kalian akan melihat tampilan halaman seperti dibawah ini.

trik daftar situs prakerja

 

Kalian langsung aja pilih menu DAFTAR SEKARANG dan ikuti langkah-langkahnya saat disuruh mengisi data ataupun verifikasi data diri dengan upload foto. Pastikan hal-hal yang dibutuhkan sudah ada untuk mempercepat proses pendaftaran dan bisa melanjutkan ke bagian test. Nah untuk kalian yang takut tidak lolos saat test, tim balikpapanku sudah menyiapkan trik yang dijamin memperbesar peluang kalian untuk lolos.

Tips dan Trik Daftar Situs Prakerja

Sebenarnya testnya itu sangat gampang karena cuma test motivasi dan test kemampuan  dasar yang saya yakin banyak orang pernah mendapatkan pelajaran tersebut di bangku sekolah. Tapi bagaimana jika lupa karena grogi saat ikut test? Kalian bisa meminta tolong di situs edukasi seperti brainly atau bisa meminta tolong teman kalian yang paham tentang matematika dasar untuk mendampingi saat test. Atau kalian bisa mempaste soal tersebut di situs pencarian seperti google untuk mendapatkan contoh soal yang mirip sehingga logika dan nalar kalian bisa jalan untuk menyelesaikan soal-soal dari test prakerja.

Namun ingat, ini bukan satu-satunya jalan, karena bagaimanapun kejujuran kalian yang utama. Percuma kalau kalian ikut situs prakerja yang tujuannya  untuk mendidik rakyat indonesia yang butuh skill  atau  insentif tambahan dan berguna untuk masa depan tapi malah curang?

Baca :  Rekaman CCTV Kecelakaan KM 7 Truck Menabrak Minibus

Jadi ketika kalian mengisi data diri saat mendaftar, isilah dengan sejujur-jujurnya. Jangan hanya karena tertarik uang 600 ribu setiap bulan, terus kalian menggadaikan moral kalian dan membuat 1 orang lain yang harusnya lebih layak mendapatkan keuntungan dari situs prakerja malah tersingkirkan.  Selain itu, ketika menjawab soal, jawablah dengan kemampuan kalian sendiri, kalau memang kalian menyadari bahwa test kemampuan dasar kalian itu masih jelek, kalian bisa belajar sendiri atau minta bantuan temen atau bahkan bisa bergabung disitus seperti brainly.

 

Gimana? tertarik untuk mendaftar di situs prakerja? Yuk daftar dan dapatkan manfaatnya karena gelombang pendaftaraannya masih dibuka sampai gelombang ke 30. Sekedar info, April tanggal 27 kemarin baru test gelombang ke-3. jadi kesempatan kalian masih terbuka lebar.

 

 

 

Komentar