oleh

Melihat Lebih Dekat ASUS Vivobook Ultra A412, Ultrabook Paling Kecil Di Dunia ?

Pada bulan Juni lalu ASUS meluncurkan produk terbarunya yaitu ASUS Vivobook Ultra A412 dan ASUS K403. Walaupun sudah terbilang ketinggalan untuk mereview namun tak ada salahnya untuk melihat lebih dekat ASUS Vivobook Ultra A412 saat tim ASUS mengunjungi Kota Balikpapan dalam sebuah Acara Blogger Gathering yang dilaksanakan di Aston Hotel Sabtu 7 September 2019.

Penulispun berkesempatan untuk melihat lebih dekat ASUS Vivobook Ultra A412 saat acara tersebut berlangsung. Namun sayangnya penulis tidak berkesempatan untuk mencoba secara keseluruhan ASUS Vivobook Ultra 412 seperti melakukan test peforma.

Asus Vivobook Ultra A412 Terkecil Di Dunia ?

Asus Vivobook Ultra A412 digadang-gadang merupakan Ultrabook 14 Inch Terkecil Di Dunia, dengan dimensi 32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.95 (H) cm dan berat 1,5 Kg. Jika dilihat dari dimensinya laptop Asus Vivobook Ultra A412 sangat fleksible untuk dibawa saat berpergian. Namun penulispun mencoba mengcompare dengan beberapa brand lain seperti Lenovo X1 Carbon ( 14inch ) dan Dell XPS 13 (13inch), kedua jenis laptop tersebut merupakan varian dengan series Ultrabook.

 

Depth Width Height Weight
Vivobook Ultra A412 212mm 322mm 9-15mm 1,5 kg
Dell XPS 13 200mm 304mm 9-15mm 1,29 kg
Lenovo X1 Carbon 217mm 322mm 14,9mm 1,09 kg

asus vivobook ultra 412 - ketebalan

asus vivobook ultra 412 - tampak samping

Walaupun harus rela menempati di urutan kedua setelah Dell XPS 13, ada hal yang perlu kalian ketahui yaitu Dell XPS memiliki ukuran layar sebesar 13 inch sedangkan ASUS Vivobook Ultra A412 memiliki ukuran layar sebesar 14inch. Selisih 1inch pada layar sangat mempengaruhi bobot, dan dimensi laptop tersebut. Namun tak ada salahnya membandingkan ASUS Vivobook Ultra A412 dengan jajaran Top Ultrabook tahun ini.

Design Ergonomis ASUS Vivobook Ultra A412

Asus Vivobook Ultra A412 memiliki design yang sangat Ergonomis, dimana design pada ASUS Vivobook Ultra A412 mengutamakan kenyamanan pengguna.

Pernahkah kalian merasakan laptop panas ? atau Touchpad yang tidak responsif saat jari berkeringat ? 

Dual hal di atas merupakan hal yang sepele, namun pernah dialami hampir semua pengguna laptop. Penyebab laptop panas umumnya karena tingginya proses kinerja, dimana bisa kalian lihat pada bagan task manager. Selain tingginya kinerja proses, sirkulasi udara yang tidak baik dari kipas pendingin ( cooling system ) juga menjadi faktor penyebab panas.

Efek dari laptop yang panas menyebabkan laptop menjadi lambat, dan mati seketika

Mengatasi masalah Laptop Panas tersebut, ASUS sudah menerapkan Engsel Ergo Lift. Fitur Engsel Ergo Lift dirancang secara presisi, dimana akan memberikan ruang udara sebesar 3,5° sehingga sirkulasi udara dari kipas pendingin ( cooling system ) dapat bekerja secara baik. Selain memberikan ruang udara pada kipas pendingin, fungsi Engsel Ergo Lift juga memberikan kenyamanan kepada anda saat mengetik. Fitur ini sangat bermanfaat bagi kamu yang hobi memangku laptop atau bekerja secara mobile.

Ohya untuk masalah touchpad tidak ada perbedaan seperti pada touchpad umumnya, namun touchpad dari ASUS Vivobook Ultra A412 sudah memiliki tingkat responsif yang sangat baik. Penulispun sempat mencoba membasahi jari kemudian menggunakan touchpad tersebut. Alhasil kursor pada layar tetap bergerak mengikuti gerakan jari pada touchpad. Jadi bagi kalian yang memiliki pergelangan tangan mudah berkeringat tidak perlu khawatir.

Selain itu terdapat fingerprint pada pojok kanan atas sisi touchpad. Bentuk fingerprint yang ditanamkan pada laptop ini terbilang modern, memiliki tampilan seperti pada fingerprint smartphone. Penulispun tidak mengetahui seberapa akurat fingerprint pada ASUS Vivobook Ultra A412 karena tidak sempat mencobanya.

asus vivobook ultra 412 - touchpad

Selain itu ada salah satu fitur yang paling penulis suka pada ASUS Vivobook Ultra A412 yaitu keyboard yang menyala ( LED backlit ). Dengan tampilan keyboard yang menyala, maka akan menambah tingkat exclusive dari pengguna laptop itu sendiri.

Laptop ini juga akan sangat nyaman jika kamu gunakan di ruangan yang gelap sekalipun. Selain itu tiap-tiap tombol pada keyboard Vivobook Ultra A412 memiliki key travel sejauh 1,3mm yang menurut penulis cukup nyaman untuk mengetik. Ketahanan tombol pada keyboard laptop ini memiliki durabilitas tinggi dan telah lolos uji hingga 10.000 kali tekan.

vibook ultra a412 - 2

Jumlah Port Sedikit

Jika kamu seseorang yang gemar menggunakan hardisk external, mouse dan keyboard tambahan, tampaknya kamu bakal kewalahan dengan jumlah port yang minim pada ASUS Vivobook Ultra A412. Pasalnya jumlah port USB pada ASUS Vivobook Ultra A412 hanya tersedia 2 slot dengan type USB 3, solusinya kalian bisa menggunakan USB Hub.

Baca Juga :  Kamera Huawei P30 Pro ? Apakah Benar-Benar Pro ?

Walaupun jumlah port USB yang minim, ternyata ASUS sudah menyiapkan slot SSD. Slot SSD ini memang sengaja disiapkan oleh ASUS, mengingat jumlah pengguna Hardisk SSD bakal terus bertambah kedepannya.

Slot lainnya yang tersedia yaitu HDMI,1x Audio Jack, 1 USB Type C dan 1 Slot Micro SD.

Ada yang kurang ? Yup yaitu port Ethernet, sepengelaman penulis ada beberapa perusahaan yang masih menggunakan port ethernet, atau jaringan kabel LAN. Walaupun jaman sekarang penggunaan port ethernet sudah sangat jarang, namun beberapa perusahaan masih menerapkan sistem kabel LAN untuk keamanan data perusahaanya.

Fitur Slot Micro SD juga tampaknya tidak begitu berguna, pasalnya port ini hanya muat dengan ukuran memori Micro SD yang biasanya kita temukan pada memori smartphone. Beberapa fotografer di Balikpapan yang penulis kenal mengatakan bahwa, memori kamera yang mereka gunakan umumnya menggunakan Memori SD Card dan Memori Stick. Artinya bagi kamu yang hobi fotografi dengan kamera mirrorless membutuhkan SD Card Reader untuk menyisipkan SD card.

Spesifikasi, Peforma Dan Harga ASUS Vivobook Ultra A412

Walaupun penulis belum mencoba secara langsung ASUS Vivobook Ultra A412, maka penulis tidak bisa menjamin peforma yang ditawarkan oleh ASUS Vivobook Ultra A412. Namun dari beberapa referensi benchmark dan melihat spesifikasi yang ada, penulis menemukan bahwa ASUS Vivobook Ultra A412 memiliki peforma yang sangat baik.

Jika dilihat dari table spesifikasi di bawah, ASUS Vivobook Ultra memiliki 3 variant berbeda yaitu processor Intel Core i3-8145u, processor Intel Core i5-8265U dan processor Intel Core i7-8565U. Spesifikasi terendahnya masih menggunakan Intel Core i3 Gen8 dan Spesifikasi tertingginya menggunakan Intel Core i7 Gen8. Tidak ada perbedaan dari ketiga variant tersebut, fitur dan spesifikasi yang sama, terkecuali pada bagian RAM dan GPU.

Spesifikasi ASUS Vivobook Ultra A412 sebenarnya terbilang cukup tinggi, hal tersebut dilihat dari GPU, CPU dan dukungan hardisk SSD sebesar 512 GB dengan transfer rate lebih dari 1800MB/s yang bakal meningkatkan peforma laptop ASUS Vivobook Ultra A412. Dengan spesifikasi tersebut penulis lebih merekomendasikan kalian untuk mengambil atau membeli ASUS Vivobook Ultra A412 dengan tipe processor Intel Core i7 Gen8.

Kenapa Merekomendasikan ASUS Vivobook Ultra A412 Intel Core i7 ?

Sangat sayang rasanya jika peforma yang sangat baik tidak didukung dengan processor yang baik pula. Ini juga menjadi pertimbangan perkembangan teknologi beberapa tahun kedepan. Sebenarnya tidak ada masalah dengan pilihan variant Intel Core i3 Gen8, namun jika kalian ingin menggunakannya dalam waktu jangka panjang seperti 2-3 tahun kedepan, kemungkinan teknologi processor tersebut akan ketinggalan.

Itu sebabnya penulis lebih merekomendasikan ASUS Vivobook Ultra A412 dengan variant tertinggi yaitu Intel Core i7 Gen8 yang teknologinya masih bisa bertahan 2-3 tahun kedepan.

Perbedaan processor Intel Core i3-8145u, processor Intel Core i5-8265U dan processor Intel Core i7-8565U

perbedaan intel processor i3 i5 i7

Hal lainnya yang perlu kalian ketahui mengenai ASUS Vivobook Ultra A412 yaitu memiliki 2 slot RAM. Dengan adanya 2 slot RAM, kalian bisa mengupgrade RAM sesuai kebutuhan yang kalian miliki.

Main Spec. ASUS VivoBook Ultra A412F
CPU Intel Core i3-8145U Processor

Intel Core i5-8265U Processor

Intel Core i7-8565U Processor

Operating System Windows 10
Memory 4GB DDR4 RAM

8GB DDR4 RAM

Storage 512GB M.2 PCIe Gen3X2 NVME SSD
Display 14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare, NTSC 45%
Graphics NVIDIA GeForce MX250 with 2GB GDDR5 VRAM

Integrated Intel HD Graphics 620

Input/Output 1x USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, 1x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, 1x MicroSD card reader
Camera HD Web Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac Wi-Fi (2×2), Bluetooth 4.2
Audio Sonic Master audio, Array Microphone
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion Battery
Dimension 32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.95 (H) cm
Weight 1.5Kg
Colors Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, Coral Crush
Price Start from Rp7.599.000
Warranty 2 tahun garansi global

Nah gimana tertartik dengan ASUS Vivobook Ultra A412 ?

News Feed