oleh

10 Kenangan Ramadhan Waktu Masa Kecil Dulu Yang Tidak Terlupakan

Balikpapanku.id – Halo cees, bentar lagi ramadhan loh. kalian masi ingat enggak kenangan ramadhan waktu masa kecil? Tentunya kenangan terebut membekas di hati kalian. Banyak sekali momen-momen indah di bulan yang penuh pengampunan yang terlalu manis untuk dilupakan. Mulai dari berburu tanda tangan sampai berburu takjil (kalau ini sih, masih menjadi ritual utama penulis sewaktu ramadhan tiba), bahkan main petasan seolah menjadi kegiatan wajib dan ditunggu-tunggu selain berpuasa dan menahan diri dari godaan nafsu dan menebar kebaikan.

Apalagi ditengah pandemi corona yang belum berhenti ini, tentunya Ramadhan yang akan datang ini nuansanya akan berbeda seperti ramadhan-ramadhan sebelumnya. Untuk menggungah kenangan manis masa kecil kalian, balikpapanku akan membuat daftar kenangan ramadhan waktu masa kecil yang dulu tidak terlupakan, dan dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mengisi buku kegiatan ramadhan

Kenangan Ramadhan Waktu Masa Kecil

Masi pada ingat sama buku ini? dulu setiap ramadhan tiba, pihak sekolah selalu membagikan ini untuk wajib diisi sebagai penambah nilai raport. pasti dari kalian ada yang ngalamin momen saat habis tarawih ataupun sholat subuh, pada berebut datangin imam atau pengkotbah untuk minta tanda tangan. HAHAHAHA

 

2. Puasa setengah h̶a̶t̶i̶ hari

Balikpapanku - gal6900691
sumber

 

Pasti dari kalian mengalami disuruh sama orang tua kalian untuk puasa setengah hari sebagai latihan, kemudian buka puasa saat adzan dhuhur. Iya ga? Belum lagi iming-iming hadiah lebaran kalau puasanya full.

Baca :  Aneka Barang yang Tak Boleh Dilupakan Oleh Para Petualang

 

3.  Niat tarawih supaya bisa bermain sama teman.

Balikpapanku - ilustrasi terawih
sumber

Pasti diantara kalian ada aja yang mempunyai niatan ini sewaktu kecil, datang tarawih supaya bisa bermain dengan temen rame-rame karena banyak temen.

 

4. Jadi Takjil Hunter

Balikpapanku - berburu takjil gratis di masjid masjid ibu kota pXc5cPjZDC
sumber

Biasanya ini dilakukan sembari menunggu buka puasa tiba alias ngabuburit. Hayo dulu waktu kalian kecil pasti ada yang sampai ke masjid kampung tetangga untuk nyari takjil ya? ngaku.

 

5. Jadi tester food dadakan

Balikpapanku - makruh1
sumber

 

Jadi tester food ini bukan berarti bekerja di restoran atau apa. Tapi ini kalian yang waktu kecil sambil nunggu ibu kalian memasak buat persiapan buka puasa namun sekalian ikut nyomot. Bantuin enggak, ngerecokin iya.

 

6. Jadi hansip sahur dadakan.

Balikpapanku - Bangunin orang sahur
sumber

Pasti diantara kalian waktu kecil yang ditunggu-tunggu sewaktu ramadhan selain bel buka puasa yaitu sahur. Karena kalian bisa rame-rame keliling kampung sama teman-teman tetabuhan berisik tanpa diomelin tetangga dan malah pada berterimakasih. Iya kan?

 

7. JJS (Jalan Jalan Sahur)

Balikpapanku - jalan pagi 11 5afec3b8f1334442ab28ec52
sumber

Dulu waktu kecil (apalagi jaman dulu sekolah selalu libur full 1 bulan) pasti ga pernah ada yang setiap habis sahur langsung pulang ke rumah untuk tidur. Karena sayang banget kalau momen habis sahur dilewatkan dengan tidur. Pasti kalian sama teman-teman langsung jalan jalan ke pantai atau keliling kampung sembari bermain petasan atau kembang api.

 

8. Ikut pesantren kilat

Balikpapanku - pesantren%2Bkilat%2Buntuk%2Banak%2Bsd
sumber

 

Baca :  5 Komik Korea Terbaik Untuk Jadi Teman Saat Dirumahaja

Selain mengisi buku ramadhan, ada kegiatan lain yang ditunggu-tunggu yaitu pesantren kilat. Dulu sewaktu penulis kecil, kegiatan pesantren kilat ini berlangsung seminggu dan dimulai dari siang hari sampai buka puasa. Hayo dulu suka tuker-tukeran bekal buka puasa ga sama temen kalian waktu pesantren kilat? atau malah sandalnya ketuker waktu mau pulang.

 

9. Pura-pura lupa puasa

Balikpapanku - hukum puasa anak kecil 5cd44dcb6db843369213cd82
sumber

 

Hayo, ngaku kalian. Pasti ada yang dulu pura-pura lupa kalau puasa tapi abis sepiring nasi. Atau pura-pura ga sengaja minum segelas biar hausnya ilang. Bahkan ada yang sengaja minum air pas wudhu diam-diam. Atau yang paling iseng, diem-diem nyomot makanan di dapur makan di kolong ranjang.  Atau yang parah, ga puasa tapi pura-pura puasa di depan teman-teman biar ga malu dianggap cupu. Malu kan kalau mengingat masa kecil kalian yang kayak gini? hahaha.

 

10. Jadi duta kamar mandi.

Balikpapanku - 555dcf6f0423bd1d518b4567
sumber

 

Ga ada dalilnya sih mandi bikin haus dan lapar hilang, tapi entah kenapa banyak anak kecil jaman dulu yang suka begini dan mungkin sampai sekarang. Mungkin karena ga tahan haus dan lapar, sehingga sering mandi membuat badan tetap dingin dan buat yang jahil,,pasti suka nyempatin diri biar ga sengaja ketelan airnya. hahaha.

 

Diantara momen-momen kenangan ramadhan waktu masa kecil kalian mana aja yang pernah kalian lakuan guys?

 

Komentar