oleh

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Di Balikpapan

Sebagai salah satu Kota yang berkembang pesat, serta menjadi Kota layak huni di Indonesia. Balikpapan kini menjadi sorotan para perantau untuk mencari tempat tinggal atau pekerjaan. Dengan seiring berjalannya waktu maka kepadatan penduduk di Kota Balikpapan akan terus meningkat.

Jika kalian sebagai pendatang di Kota Balikpapan ada baiknya untuk mengetahui tradisi dan kebiasaan warga Balikpapan. Maka dari itu jangan Lakukan 5 Hal Ini Di Balikpapan.

1. Jangan Menolak Jika Ditawari Makanan

jangan menolak tawaran makanan
source : littlebitesofbeauty.com

Ngomongin soal makanan, di Balikpapan ada salah satu mitos untuk tidak menolak jika diberi makanan. Mungkin ini sering terjadi saat kita bertamu, ngumpul bareng teman atau berkunjung ke undangan. Di Balikpapan atau di Kalimantan sendiri mengenal istilah kepuhunan yaitu kamu akan keteguran jika menolak pemberian makan dari seseorang. Keteguran di sini bukan kesurupan yah, tapi seperti kesenggol batu, kejedok pintu atau bisa dibilang kecelakaan kecil. Jika kamu merasa kenyang saat menerima tawaran makan dari seseorang, kamu cukup menjapainya ( mengambil sedikit ).

2. Jangan gunakan kata LO GUE

Walaupun Kota Balikpapan terbilang cukup maju, namun tradisi dan budaya masih sangat kental. Muda-mudi di Balikpapan masih menggunakan kata saya, aku atau kamu. Kata saya sendiri lebih digunakan jika berbicara dengan orang yang lebih tua, sedangkan aku sendiri lebih digunakan jika berbicara dengan teman seumuran. Jika kamu masih menggunakan kata LO GUE saat berbicara dengan teman-temanmu, otomatis kamu bakal dibilang wahh anak jakarta banget.

Baca :
Ga Takut Panas, Pangesti Si Traveller Cantik Dari Samarinda

3. Jangan Melanggar Lampu Lalu Lintas

balikpapan tertib berlalulintas
source : flickr/uut minhudan

Jika sedang menggunakan kendaraan dan berhenti di persimpangan Lampu Lalu lintas. Jangan pernah mencoba untuk melanggar posisi dimana seharusnya kamu berhenti, apalagi kamu berhenti hingga di batas zebra cross. Jika kamu masih nekat melanggar, akan ada cctv yang mengawasi hampir di setiap persimpangan lampu lalu lintas Balikpapan. Hal terburuk lainnya ada netizen yang memfoto kendaraan kamu dan memviralkannya.

4. Jangan Buang Sampah Sembarangan

b
source : lanud-balikpapan.mil.id

Kota Balikpapan beberapa kali meraih penghargaan sebagai salah satu Kota Terbersih. Warga Balikpapan mencintai Kota Balikpapan layaknya mencintai kota milik sendiri. Itu sebabnya warga Balikpapan selalu menjaga kebersihan kotanya secara inisiatif. Jika kamu ketahuan membuang sampah sembarangan, jangan heran kalau ada yang menegur dan tak sedikit yang mengatakan ” bukan orang Balikpapan yah “.

Baca :
Balikpapan Menerima REKOR MURI Penulisan Teks PANCASILA Dengan Aksara ARAB PEGON Peserta Terbanyak

5. Jangan Meminta Kantong Plastik Saat Berbelanja Di Supermarket

penggunaan eco bag di balikpapan
source : beritagar.id

Balikpapan menjadi salah satu contoh Kota di Indonesia yang sudah melakukan pengurangan sampah plastik. Itu sebabnya di semua supermarket/toko ritel modern di Balikpapan tidak lagi menyediakan kantong plastik saat kamu berbelanja. Alternatifnya adalah kamu membawa barang belanjaan menggunakan tangan kosong atau membeli kantong tas yang terbuat dari kain tipis ( ECO BAG ), biasanya sudah dijual di setiap supermarket di Balikpapan. Peraturan tidak menggunakan kantong plastik sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota No.8/2018. Kalau kamu masih ngeyel meminta kantong plastik, kamu bakal jadi sorotan satu supermarket.

Semoga bermanfaat ~

News Feed