by

Hari Gini Masih Percaya Pesan Berantai ? Tips Canggih Buat Kamu Biar Ga Kejebak Pesan Berantai

Banyaknya pesan berantai saat ini mengenai penculikan anak di Balikpapan membuat sebagian warga Balikpapan yang memiliki anak resah. Pesan tersebut banyak beredar dibeberapa group Whatsapp. Namun saat penulis menanyakan pesan tersebut berasal darimana, ternyata pesan tersebut juga berasal dari group sebelah yang keaslian sumbernya belum bisa dipercaya.

Salah satu anggota Kepolisian Balikpapan sendiri telah mengunggah sebuah video yang di upload pada halaman Instagram @mrgamayel mengenai keresahan warga Balikpapan atas banyaknya pesan berantai yang tersebar di Balikpapan. Pada video tersebut mengatakan bahwa hingga video tersebut di Upload pagi tadi, tidak ada laporan ke pihak Kepolisian Balikpapan mengenai kasus penculikan anak  di Balikpapan. Berikut videonya

Lalu bagaimana menanggapi pesan berantai tersebut ?

Zaman semakin canggih, teknologi juga semakin canggih, daripada menyebarkan pesan yang keasliannya masih diragukan lebih baik kita tahan dulu. Karena, saat kita menyebarkan sebuah pesan berantai yang keasliannya belum tentu benar alias tanpa data valid, maka tentunya akan menambahkan keresahaan para pembaca pesan tersebut.

Buat warga Balikpapan yang menerima pesan berantai mengenai kasus kriminalitas di Balikpapan, ada baiknya melakukan cross check terlebih dahulu. Ada banyak cara untuk melakukan cross check sebuah berita, seperti googling untuk melihat kebenaran berita tersebut atau tanya langsung ke pihak Kepolisian.

Ah ribet mau datang ke kantor polisi, cuma mau menanyakan keaslian pesan berantai ? ” Seperti penulis bilang, zaman sekarang semua serba canggih. Kalian bisa memanfaatkan social media seperti facebook, instagram, atau twitter untuk menanyakan secara langsung mengenai keaslian sebuah pesan berantai. Cukup mengirim Pesan / DM melalui akun social media, maka pesan kalian akan dijawab oleh pihak Kepolisian.

Berikut adalah akun social media resmi Polres Balikpapan ( jangan lupa di follow yah ) :

Twitter : polres_bppn

Facebook : polresbalikpapan

Instagram : polresbalikpapan

Lalu buat Warga Balikpapan jika menemukan atau melihat kejadian mencurigakan bisa melaporkan langsung melalui nomor telepon atau melalui Aplikasi Polda Kaltim. Pada Aplikasi Polda Kaltim terdapat tombol ” Panik Button ” dimana tombol tersebut berfungsi melaporkan langsung dan merekam lokasi kordinat GPS kalian, nantinya akan ada petugas kepolisian yang menghubungi kalian. Pada aplikasi tersebut juga terdapat nomor-nomor telpon pihak Kepolisian seperti nomor telpon Polda Kaltim, Polres Balikpapan, Polres Berau dll. Untuk downloadnya kalian bisa langsung check ke PlayStore kemudian search ” Aplikasi Polda Kaltim ”

Aplikasi Polda Kaltim

Masa install aplikasi facebook,twitter, instagram bisa tapi Aplikasi Polda Kaltim untuk keamanan dan kenyamanan kalian sendiri ga bisa sih ? Semoga tulisan ini bermanfaat yah.

News Feed