by

Takut Tertipu Ketika Berbelanja Online ? Ini Tips Yang Wajib Kamu Catet

-Techno-690 views

Kemajuan teknologi terutama dibidang internet membuat pemasaran barang dagangan semakin lebih muda. Hal itu menyebabkan banyaknya online shop yang bermunculan di Indonesia. Namun dari sekian banyak online shop, apakah kamu tahu mana yang asli atau mana yang palsu ?

Cara mudah untuk berbelanja online tanpa takut tertipu adalah melalui toko-toko ecommerce resmi, seperti JD.id, lazada, zalora, atau ecommerce resmi lainnya dimana sudah menggunakan rekening perusahaan sebagai  rekening perantara antara penjual dan pembeli. Lalu bagaimana dengan online shop yang tidak resmi seperti hanya berjualan di Instagram atau facebook saja ( tidak ada toko fisik ) ?

Berikut adalah Tips Belanja Online Shop via Instagram atau Facebook Tanpa Takut Tertipu

1. Tidak ada model peraga produk oleh owner

Banyak penjual online shop hanya memiliki puluhan gambar dagangan, namun tidak ada satupun video produk yang diperagakan langsung oleh owner nya. Jika kita menjawab mungkin saja dia reseller ? apakah kamu tahu banyaknya online shop reseller di social media berasal dari ecommerce resmi seperti bukalapak, tokopedia dll. Lalu jika sama kenapa tidak belanja ditempat yang resmi saja ?

Jika kalian tidak menemukan video model peraga produk oleh owner sebaiknya kalian mesti berhati-hati,walaupun tidak semua merupakan online shop palsu. Dengan adanya identitas asli atau model peraga produk ini bisa menjadi pegangan buat kalian, apalagi di dalam video tersebut model peraga produk oleh owner menyebutkan social media tempat mereka berjualan.

2. Iklan Endorse Tidak Jaminan bisa dipercaya

Istilah endorse sudah banyak diketahui oleh netizen, dimana pemilik produk membayar seleb terkenal untuk mempromosikan produknya. Namun ternyata hal tersebut tidak bisa menjadi jaminan bahwa online shop tersebut bisa dipercaya. Tidak sedikit kasus kejadian penipuan memanfaatkan produk endorse loh, beberapa teman penulis juga pernah tertipu saat membeli sebuah produk dari iklan endorse. Sederhananya, penipu rela membayar 500 ribu untuk iklan endorse, dimana nantinya pendapatan yang diterima dari korban akan lebih banyak.

Jika kalian tertarik dengan sebuah produk iklan endorse ada baiknya tetap berhati-hati. Cek kembali pada tips pertama.

3. #indonesiablacklist

indonesia blacklist

Apakah kamu tahu, banyak sekali korban-korban kasus penipuan online shop yang mempublikasikan kronologi kasus penipuan yang mereka alami. Di instagram sendiri kurang lebih ada 8,847 postingan melalui #indonesiablacklist mengenai kasus penipuan online shop.

Hashtag #indonesiablacklist merupakan kesadaran para netizen untuk mempublikasikan online shop yang telah melakukan penipuan. Jadi ga ada salahnya untuk mengecheck terlebih dahulu melalui hashtag #indonesiablacklist , siapa tau online shop tersebut masuk dalam daftar #indonesiablacklist

4. Cek Rekening Penjual

cek rekening penipuan

Taukah kamu bahwa KEMKOMINFO ( Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ) telah menyediakan website pengaduan rekening penipuan melalui cekrekening.id ? Website tersebut telah diluncurkan sejak awal tahun 2017.

Di sini kalian bisa mengecheck nomor rekening dari sipenjual apakah pernah dilaporkan atau tidak. Laporan sendiri berasal dari para korban yang tertipu saat belanja online. Jadi jika kalian pernah tertipu  saat belanja online, kalian juga bisa melaporkan nomor rekening si penipu tersebut ke cekrekening.id, nantinya ada beberapa tahapan yang perlu kalian lakukan seperti mengupload bukti transfer dan kronologi screenshot percakapan.

Walaupun cekrekening.id belum memiliki data yang sangat lengkap mengenai kasus penipuan online shop di Indonesia, paling tidak hal tersebut bisa meminimalisir kasus penipuan belanja online. Itu sebabnya keaktifan dari para korban untuk melaporkan juga diharapkan.

Itu dia sedikit tips dari kami buat teman-teman pembaca agar tidak tertipu saat berbelanja online. Sebenarnya ada hal lain yang menjadi pertimbangan sebelum berbelanja online seperti harga murah yang tak masuk akal , testimoni dll. Tapi empat point di atas menurut kami adalah tips utama untuk meminimalisir kasus penipuan yang terjadi saat berbelanja online. Semoga bermanfaat.

 

News Feed