by

Stephen Hawking Meninggal Di Usia 76 Tahun

Kabar tak terduga menimpa salah satu ahli fisika dunia yaitu Stephen Hawking. Dikabarkan Stephen Hawking meninggal dunia pada tanggal 13 Maret 2018 di usianya 76 tahun.

Sebelum meninggal Stephen Hawkin ternyata telah mengidap penyakit motor neuron sejak tahun 1963. Meski menderita penyakit, ternyata Stephen Hawking tetap berkeinginan melanjutkan studinya di Cambridge University dan menobatkannya sebagai salah satu fisikawan paling berpengaruh sejak masa Albert Einstein.

“Kami berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya ayah kami pada hari ini. Kami akan merindukannya selamanya,” ucap anak-anak Hawking, Lucy, Robert

Stephen Hawking menikahi kekasih kuliahnya, Jane Wilde , pada tahun 1965, dua tahun setelah didiagnosis penyakit motor neuron. Stephen Hawking pertama kali berkenalan dengan Jane Wilde pada tahun 1962, saat menyusuri jalan di St. Albans, wajahnya menghadap ke bawah, ditutupi oleh rambut cokelat yang tidak biasa.  Stephen Hawking menulis di bukunya tahun 2013 berjudul Traveling to Infinity: My Life With Stephen.

Terobosan besar pertama Hawking terjadi pada tahun 1970, ketika dia dan Roger Penrose menerapkan matematika pada lubang hitam ke seluruh alam semesta dan menunjukkan bahwa singularitas, wilayah lengkungan tak terbatas di ruangwaktu, terletak di masa lalu kita yang jauh: titik yang datang besar bang

Stephen Hawking dikenal sebagai seorang fisikawan dan ahli kosmologi di dunia. Kisah hidupnya sempat diangkat ke dalam film layar lebar ‘The Theory of Everything’ yang dibintangi Eddie Redmayne pada tahun 2014.

Fakta Mengenai Stephen Hawking

  • Lahir 8 Januari 1942 di Oxford, Inggris
  • Memperoleh tempat di Universitas Oxford untuk membaca ilmu pengetahuan alam pada tahun 1959, sebelum belajar untuk gelar PhD di Cambridge
  • Pada tahun 1963, didiagnosis menderita penyakit motor neuron dan diberi waktu dua tahun untuk hidup
  • Pada tahun 1974, berusia 32 tahun, dia menjadi salah satu rekan termuda dari Royal Society yang bergengsi di Inggris. Lima tahun kemudian ia menjadi Profesor Matematika Lucasian di Cambridge University, sebuah jabatan yang pernah dipegang oleh Isaac Newton.
  • Sebagian besar karya Hawking berpusat pada penyatuan relativitas (sifat ruang dan waktu) dan teori kuantum (bagaimana partikel terkecil di alam semesta berperilaku) untuk menjelaskan penciptaan alam semesta dan bagaimana pemerintahan tersebut diatur.
  • Rumuskan teorinya bahwa lubang hitam memancarkan “radiasi Hawking” pada tahun 1974
  • Diterbitkan bukunya A Brief History of Time pada tahun 1988, yang telah terjual lebih dari 10 juta eksemplar
  • Kisah hidupnya adalah subjek film 2014 The Theory of Everything yang dibintangi Eddie Redmayne

Profile Stephen Hawking

Nama Lengkap : Stephen William Hawking
Lahir : Januari 8, 1942, Oxford, United Kingdom
Pendidikan : St. Albans High School For Girls, St. Albans School, University College, Oxford, Trinity Hall, Cambridge
Kewarnegaraan : Britania Raya
Meninggal : March 13, 2018, Cambridge, United Kingdom
Awards : Presidential Medal of Freedom, Copley Medal, MORE
Fields : General relativity, Quantum gravity

News Feed