by

Situs Pemerintah Balikpapan Di Hack ! Apakah Ini Pelakunya ?

-Trending-458 views

Tim Halo Ces – Beberapa jam lalu situs Pemerintahan Kota Balikpapan mengalami take over atau diambil kendali oleh seseorang yang menyebut dirinya hacker. Namun belum diketahui siapa sebenarnya orang yang melakukan hal tersebut.

Tampilan halaman pemerintah Kota Balikpapan yang beralamat di http://balikpapan.go.id diubah menjadi berwarna hijau dengan tulisan ” Hacked by Fathur.xZ ” . Sampai saat ini belum diketahui alasan utama pelaku merusak situs pemerintahan kota balikpapan tersebut.

tampilan situs pemerintah balikpapan di hack

Melihat kejadian tersebut Tim Halo Ces segera menghubungi salah satu senior dibidang IT security asal Jogja yaitu Pak Bernadsatriani . Berikut adalah hasil wawancara singkat kami.

Tim Halo Ces : Melihat situs balikpapan.go.id sejauh apa kerusakan situs yang terjadi ?
Pak Bernadsatriani : Saat mendapatkan informasi tersebut sepertinya semua file dan directory di server / hosting di hapus oleh attacker.

Tim Halo Ces : Apakah mereka ini termasuk golongan hacker ?
Pak Bernadsatriani :  Kembali ke definisi hacker, mereka hanya sekumpulan script kiddies yang mencari celah berdasar common bug. Sedangkan subdomainya sepertinya tidak tembus.

Tim Halo Ces : Apakah situs balikpapan.go.id masih memiliki kemungkinan diserang ?
Pak Bernadsatriani : Sampai saat ini yang saya cek, beberapa web subdomainnya masih banyak memiliki celah keamanan.

Tim Halo Ces : Jadi apakah sebuah situs bisa benar-benar aman dari serangan?
Pak Bernadsatriani : No system is safe, hire jasa IT security yang profesional dibidangnya.

Tim Halo Ces : Apakah bisa menelusuri pelaku yang melakukan penyerangan terhadap situs Pemerintah Kota Balikpapan tersebut ?
Pak Bernadsatriani : Bisa, setiap orang yang mengakses pasti memiliki IP, cluenya Jepara daerah Pecangaan.

Tim Halo Ces : Apakah ada contoh kelemahan situs Pemerintah Kota Balikpapan yang bisa bapak tunjukan?
Pak Bernadsatriani :  Ini sebagian kecil buktinya.

foto data pemkot balikpapan

Pak Bernadsatriani juga memberikan contoh celah-celah yang ada pada situs balikpapan.go.id namun Pak Bernadsatriani melarang kami mempublikasikan hal tersebut. Beliau hanya memberikan contoh kepada kami bahwa situs Pemerintah Kota Balikpapan memang memiliki banyak celah.

Terimakasih waktunya Pak Bernadsatriani.

Melihat keterangan tersebut akhirnya Tim Halo Ces mencoba menyelidiki initial Fathur.xZ dari halaman google. Ini adalah penemuan Tim Halo Ces dengan initial Fathur.xZ

pelaku hack situs pemerintahan kota balikpapan

data penyerang situs pemerintah Kota Balikpapan

Yang Tim Halo Ces Bingung Ialah ini pelaku penyerangan kenapa pengen eksis banget yah nyantumin foto di profile facebook mereka 😐

Mengingat situs pemerintahan memiliki sumber data yang begitu sangat penting apakah pihak Cyber Police Balikpapan akan menindak tegas hal tersebut ?

News Feed