by

Registrasi Kartu Atau Unreg Kartu ? Tenang Ini solusinya !!!

-Trending-1,399 views

Memasuki bulan Mei banyak sekali cuitan dari follower mengenai kartu prabayar yang ke blokir. Hal itu disebabkan karena kebijakan dari Menkominfo demi keamanan penggunaan kartu prabayar. Ya kita tau, banyak sekali orang yang melakukan kasus penipuan menggunakan kartu prabayar dengan sistem sekali pakai buang, apalagi dengan kasus berita kemarin, dimana satu identitas digunakan oleh 1 juta nomor. WOW.

Registrasi kartu prabayar sebenarnya sudah jauh diterapkan di beberapa negara yang admin tau, kalau tidak percaya coba saja kalian datang ke negara terdekat seperti Malaysia atau Singapore. Pihak penjual kartu prabayar pun enggan mendaftarkan kartu prabayar menggunakan identitas penjual, kenapa ? mereka takut kartu prabayar tersebut disalahgunakan, karena identitas penjual bakal terekam pada nomor prabayar tersebut.

Lalu Solusinya Bagaiamana ?

Buat kalian yang belum terdaftar atau registrasi sebaiknya segera melakukan registrasi. Memang proses registrasi sendiri agak sedikit ribet, saat admin mencoba mendaftarkan nomor pribadi pada bulan februari kemarin melalui 4444, muncul notifikasi sms masuk dimana memiliki keterangan ” Nomor Identitas yang anda masukan salah ” kurang lebih seperti itu.

Jika kalian memiliki notifikasi seperti itu ada baiknya menelpon Customer Service dari Provider masing-masing. Kalian bisa menanyakan kepada Customer Service Provider kalian mengenai status registrasi kartu prabayar kalian berhasil atau tidak. Menelpon CS Provider terbilang murah kok, namun membutuhkan sedikit waktu.

Bagaimana Registrasi Kartu Yang Sudah TerBlokir ?

Nah banyak dari pertanyaan mengenai cara mendaftar / registrasi kartu prabayar yang sudah terblokir. Jika kalian ingin melakukan registrasi tapi kartu sudah terblokir duluan, ada baiknya mengaktifkannya kembali ke gerai provider kartu kalian masing-masing. (( Admin sendiri belum mencoba secara langsung apakah kartu yang sudah terblokir masih bisa mengirim sms ke 4444 ))

Registrasi Identitas hanya Untuk 3 Kartu ?

Yup benar sekali, jika kalian melakukan registrasi melalui 4444 kalian hanya bisa mendaftarkan atau menggunakan identitas kalian pada 3 kartu prabayar saja. Namun jika kalian datang ke gerai provider kartu kalian masing-masing, kalian tetap bisa menggunakan identitas kalian untuk mendaftarkan di banyak kartu. Jika kalian datang ke Gerai Provider untuk registrasi lebih dari 3 kartu, ya ini ibarat status verified bener ga ini orangnya dan bukan pencurian identitas.

Bagaimana Nasib Kartu Kuota Sekali Pakai Buang ?

Banyak dari teman-teman yang sering memanfaatkan kartu baru sekali pakai buang, hanya untuk menikmati paket datanya saja. Ya kita tau, bahwa kartu baru sekali pakai buang ini memiliki bonus kuota yang lebih banyak dibanding beli paket kuota dari kartu biasa.

Dengan batasan maximal 3 kartu untuk satu identitas, maka kalian harus meng-unreg kartu yang ingin kalian buang. Jadi sebelum kalian membuang kartu wajib unreg dulu yah. Memang agak sedikit ribet sih, tapi daripada ga bisa internetan, kamu pilih mana ??

Cara Unreg Kartu Kuota Sekali Pakai Buang

Tri (3)

Pelanggan Tri (3) dapat melakukan proses unreg via website dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Kunjungi website registrasi Tri (3) di alamat registrasi.tri.co.id
2. Pilih menu Unreg
3. Masukkan data yang digunakan ketika meregistrasi nomor Tri (3) yang akan di-unreg (nomor telepon dan NIK)
4. Minta kode rahasia yang akan dikirim via SMS
5. Setelah menerima, masukkan kode rahasia tersebut (berlaku lima menit)
6. Centang kotak I’m not robot
7. Klik Kirim

Telkomsel

Pelanggan Telkomsel bisa mengakses menu USSD telepon untuk proses unreg dengan tahapan sebagai berikut:

1. Di menu telepon, akses menu USSD dengan dial *444#
2. Di menu berikutnya pilih poin 3 atau UNREG
3. Masukkan 16 digit NIK lalu pilih Kirim

XL dan AXIS

Pelanggan XL/AXIS bisa memilih salah satu dari dua cara yang tersedia, yakni melalui menu USSD dan SMS. Pertama, silakan dial ke *123*4444# namun pastikan nomor XL/AXIS terpilih adalah nomor yang ingin di-unreg.

Kedua, pelanggan bisa mengetik SMS dengan format UNREG#nomor telepon# lalu kirim ke 44444 (contoh: UNREG#0812345678#)

Indosat Ooredoo

Pelanggan operator seluler ini hanya memiliki satu opsi untuk melakukan unreg yakni melalui SMS. Pengguna kartu prabayar Indosat bisa mengirim SMS dengan format UNPAIR#nomor telepon# lalu kirim ke 4444 (UNPAIR#0812345678#).

Smartfren

Pelanggan prabayar Smartfren dapat mengirim SMS dengan format UNREG#NIK# kirim ke 4444 (contoh: UNREG#3125012304560001#).

Setelah permintaan unreg terkirim, semua layanan (telpon, SMS, dan data) akan terblokir dalam waktu maksimal 24 jam. Kendati demikian, pelanggan tetap dapat menghubungi layanan contact center 4444.

Pelanggan bisa mengunjungi laman mysf.id/unreg untuk membatalkan registrasi dengan catatan menggunakan koneksi atau jaringan Smartfren. Di laman tersebut pengguna tinggal memasukkan NIK untuk proses selanjutnya.

Setelah mendapatkan notifikasi pemblokiran, pelanggan dapat melakukan registrasi ulang dengan identitas yang baru yang valid di nomor baru Smartfren terpilih.

Apa Manfaat Meregistrasi Kartu ?

  • Penipuan online shop berkurang
  • Mama minta pulsa berkurang
  • Terror sms berkurang
  • Akun palsu pada sosial media berkurang
  • Kejahatan via telepon berkurang
  • Membatasi berita Hoax

Nah itu dia buat yang belum tau cara meregistrasi atau unreg kartu prabayar. Semoga bermanfaat ya teman-teman. Jika ada yang tidak tau, bisa menanyakannya pada kolom komentar di bawah.

News Feed