by

Penampakan Super Blue Blood Moon Di Balikpapan Sangat Jelas

Pada tanggal 31 Januari 2018 linimasa diramaikan dengan hashtag #superbluebloodmoon atau #superbloodmoon. Hashtag tersebut merupakan antusias dari para netizen mengenai fenomena super blood moon pada tanggal 31 Januari 2018 yang mana fenomena tersebut kurang lebih terjadi 100 tahun sekali.

Pada kesempatan kali ini Negara Indonesia berkesempatan melihat secara jelas Super Blue Blood Moon, dimana kalian dapat melihatnya dengan mata telanjang atau tanpa menggunakan alat bantuan seperti teropong. Kenapa bisa dilihat dengan mata telanjang ? entah kebetulan atau tidak, kondisi saat terjadinya Super Blue Blood Moon tersebut merupakan jarak terdekat antara Bumi dan Bulan.

Apa itu Super Blue Blood Moon ?

Menurut penjelasan NASA Super Blue Blood Moon merupakan gabungan dari Blue Moon, Super Moon. Dimana dianggap Blue Moon jika dalam sebulan terjadi dua kali bulan purnama. Sedangkan Super Moon merupakan kondisi dimana Bulan berada sangat dekat dengan bumi dan terlihat lebih besar daripada biasanya. Blood Moon sendiri kondisi bulan berada digaris lurus dengan bumi, dimana warna merah terjadi akibat bias dari matahari yang menyinari bumi ( gerhana bulan )

super blue blood moon balikpapan tampak jelas

Sangking hebohnya info dari NASA tersebut seluruh dunia akhirnya dengan tidak sabar menantikan Super Blue Blood Moon tersebut, termasuk warga Balikpapan sendiri. Kami sendiri sempat melakukan live streaming mengenai fenomena Penampakan Super Blue Blood Moon Di Balikpapan dan itu terlihat sangat jelas.

Untungnya saja pada tanggal 31 Januari 2018 cuaca di Balikpapan terlihat sangat cerah, tidak berawan dan tidak hujan. Namun hal tersebut ternyata tidak dirasakan oleh semua kota di Indonesia. Hal tersebut kami buktikan dari banyaknya komentar yang bermunculan mengenai tidak bisanya melihat fenomena tersebut akibat cuaca di kotanya, di halaman live streaming Super Blue Blood Moon yang kami lakukan.

Kurang lebih kami melakukan live streaming yang bersumber dari halaman Nasa dengan total antusias penonton hingga 150 Ribu pengguna Facebook. Ini adalah rekor pertama kami mencapai 150 Ribu penonton selama melakukan live streaming dengan jangkauan 1 Juta pengguna Facebook dari seluruh dunia.

Klik link jika tidak bisa menonton https://www.facebook.com/Balikpapanku.Official/videos/1581171401970528/

Proses Fenomena Super Blue Blood Moon sendiri terjadi berkisar jam 19:00 WITAsampai jam 22:30 WITA , dimana puncak Super Blue Blood Moon terjadi sekitar jam 21:10 WITA.

Berikut adalah Time Lapse Super Blue Blood Moon yang diambil dari Balikpapan, Kalimantan Timur.

Klik link jika tidak bisa menonton https://www.facebook.com/Balikpapanku.Official/videos/1581730855247916/

News Feed