by

Millenials, Cari Tahu Berbagai Produk Investasi di Aplikasi Cermati Berikut ini!

-Techno-153 views

Generasi millenials terkenal dengan perilakunya yang cukup boros, bahkan beberapa survey mengatakan bahwa 80% generasi satu ini terbilang cukup sulit untuk memiliki properti. Pasalnya generasi satu ini cenderung lebih memilih mengalokasikan dananya untuk hura hura, seperti liburan, dan berbelanja yang mana hal tersebut sifatnya lebih konsumtif. Belum lagi kebiasaan kebiasaan generasi ini yang cenderung suka berpindah pindah tempat kerja, mengutamakan lifestyle, dan belum pandai dalam mengatur dana untuk investasi.

Namun nyatanya, saat ini banyak pula pengembang properti yang berlomba lomba menargetkan kalangan millenials sebagai konsumennya. Hal ini dikarenakan jumlah terbesar tenaga produktif saat ini adalah kalangan millenials dengan jumlah di Indonesia sendiri mencapai 81 juta jiwa dari total penduduk di Indonesia sebanyak 255 juta. Itu artinya jumlah generasi millenials di Indonesia sendiri hampir mencapai sepertiga dari total penduduk di Indonesia. Suatu pangsa pasar cukup potensial bukan?

Namun terlepas dari investasi property dengan dana yang cukup besar, nyatanya ada banyak sekali investasi yang bisa digunakan oleh kalangan millenials. Artikel Kita kali ini akan membahas mengenai produk produk yang disediakan oleh aplikasi pinjaman cepat dari Cermati yang bisa digunakan oleh kalangan millenials untuk keperluan investasi.

Berikut ini adalah layanan yang disediakan oleh aplikasi Cermati:

 

  • Asuransi Kesehatan

 

Siapa bilang asuransi kesehatan tidak masuk dalam salah satu investasi. Keseharian millenials yang cukup aktif dan terbilang produktif, nyatanya sering kali tak diimbangi dengan perilaku gaya hidup sehat. Ujung ujungnya jika sudah sakit tentunya tak sedikit pula dana yang di keluarkan, terlebih karakter generasi millenials jarang sekali memiliki tabungan. Jika sudah seperti ini sudah saatnya Anda yang masuk dalam generasi millenial mempersiapkan segala macam resiko yang bisa saja muncul. Hal ini guna meminimalisir terganggunya keuangan yang Anda miliki. Selain itu dengan adanya asuransi kesehatan, Kita juga lebih bebas melakukan berbagai kegiatan, namun tetap saja jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan agar hari hari tetap fit, dan tentunya selalu produktif.

 

  • Tabungan Berjangka

 

Secara garis besar, tabungan berjangka adalah jenis produk keuangan yang mewajibkan nasabahnya untuk menyetorkan dana sejumlah tertentu dengan jangka waktu yang telah di tentukan pula di awal masa pembuatan tabungan secara tetap. Tabungan berjangka ini hanya dapat diambil apabila seorang nasabah telah mencapai periode yang telah di tentukan sebelumnya. Konsep tabungan berjangka terbilang mirip seperti tabungan  deposito, hanya saja biasanya periode tabunganya lebih pendek, sehingga bunga yang ditawarkan tabungan berjangka pun lebih kecil dibandingkan deposito. Produk tabungan berjangka ini cocok untuk generasi millenials yang ingin berlatih menabung dengan sistem mengendapkan dana.

Salah satu hal menarik dari tabungan berjangka adalah Anda bisa mendapatkan asuransi jiwa. Jika nasabah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cacat hingga kematian, pihak keluarga akan mendapatkan dana pertanggungan sesuai yang telah di setujui di awal pembuatan tabungan berjangka. Selain itu, pihak ahli waris juga dapat melanjutkan tabungan hingga akhir tempo simpanan.

 

  • Tabungan Syariah

 

Tabungan syariah berbeda dengan tabungan pada umumnya. Tabungan syariah adalah simpanan yang berdasarkan akad wadiah, mudharabah, atau akad lain yang sesuai dengan prinsip syariah. Umumnya, penarikan  hanya dapat dilakukan menurut syarat dan ketentuan yang telah disepakati kedua belah pihak. Tabungan syariah sendiri tak dapat ditarik menggunakan cek, bilyet giro dan atau alat lainnya yang sejenis. Beberapa kelebihan tabungan syariah diantaranya, bebas biaya admin tanpa minimum saldo yang mengendap,  selanjutnya jika bank konvensional umumnya menerapkan sistem bunga, berbeda dengan sistem tabungan syariah dimana dalam tabungan syariah dikenal sebagai sistem bagi hasil. Oleh karenanya jika pihak bank mendapatkan keuntungan yang besar, maka semakin besar pula hasil yang dibagikan dari bank kepada nasabahnya.

 

  • Deposito

 

Produk selanjutnya yang dapat digunakan generasi millenials untuk keperluan investasi adalah tabungan deposito. Tak diragukan lagi, tabungan deposito menawarkan Bunga tabungan yang cukup besar. Konsepnya mirip seperti tabungan berjangka, dimana setiap nasabah harus menabung dengan nominal tertentu dan dengan jangka waktu tertentu. Selanjutnya uang yang di tabung akan menghasilkan bunga, hal ini lah yang membuat banyak orang tertarik menggunakan produk deposito. Deposito ini coocok untuk generasi millenials lantaran aman dari resiko fluktuasi pasar, selain itu meskipun tidak memiliki likuiditas, beberapa bank menawarkan fasilitas bunga deposito yang dapat di simpan atau dikirim ke rekning yang diinginkan. Sehingga deposito dapat memberikan pemasukan bagi nasabah pemilik deposito dalam jangka waktu tertentu.

Namun yang harus Anda perhatikan jika ingin menggunakan deposito sebagai alternative investasi, Anda tak bisa menarik dana kapan pun yang Anda inginkan. Beberapa pihak bank akan memberlakukan penalty bagi nasabah yang menarik dana sebelum jatuh tempo tabungan. Namun jangan kawatir pula, dana yang Anda simpan di dalam deposito akan dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga tabungan Anda akan tetap aman sekalipun disimpan bertahun tahun.

 

  • Deposito Syariah

 

Deposito syariah sistemnya mirip seperti deposito pada umumnya, namun jenis pinjaman ini menggunakan prinsip syariah. Dimana dalam konsep syariah tidak mengenal adanya bunga, melainkan bagi hasil. Bagi hasil yang dimaksud adalah alokasi dari dana yang disalurkan untuk investasi sektor usaha yang halal. Selain itu sistem deposito syariah di kelola lebih transparan dan mengutamakan rasa keadilan berdasarkan syariat islam. Deposito syariah juga cocok untuk generasi millenial karena sistemnya yang lebih fleksibel, yakni jangka waktu tersedia mulai dari 1 hingga 24 bulan.

Demikian lah beberapa produk investasi yang bisa digunakan generasi millenials untuk memulai belajar mengalokasikan dana dalam bentuk investasi. Mulai lah dari hal hal yang terkecil terlebih dahulu, selanjutnya, biarkan sistem perbankan yang bekerja. Semoga berguna!

News Feed