by

Melipat Uang Kertas Pada Mahar Pernikahan Bisa Terancam 5 Tahun Penjara

Tradisi memberikan mahar uang pada pernikahan merupakan hal yang sudah sering terjadi. Namun ternyata melipat uang kertas, memotong, mensteples pada mahar pernikahan bisa terancam 5 tahun Penjara.

Dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2011, khususnya pasal 35 berbunyi demikian: “Setiap orang yang dengan sengaja merusak, memotong, menghancurkan, dan/atau mengubah Rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan Rupiah sebagai simbol negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).”

Pada undang-undang tersebut dinyatakan simbol negara harus diperlakukan sebaik-baiknya. Dilipat lipat, memotong, atau mensteples uang adalah tindakan yang tidak diperbolehkan. Namun bukan berarti kalian tidak boleh menggunakan uang pada mahar pernikahan. Boleh-boleh saja, namun seperti yang admin bilang di atas kalian tetap tidak boleh mengubah fungsi dari uang tersebut, bahkan merusaknya.

Nah ini menjadi teguran bagi para jasa rangkai uang mahar yang ada di Balikpapan. Karena kita tau, bahwa kebanyakan uang mahar dibentuk menjadi sesuatu yang unik, yang menghilangkan fungsi uang tersebut. Untuk menyiasati hal tersebut banyak cara yang dapat dilakukan agar tidak menghilangkan fungsi uang tersebut.

1. Tanpa melipat atau memotong Kreasi Uang Mahar tetap terlihat keren kok

via :anariasouvenir.com

Membuat uang mahar tanpa perlu melipat uang juga tetap terlihat keren kok. Kalian bisa menyusun uang seperti gambar di atas dengan menambahkan ornament pada sekitar bingkai. Kalian juga bisa menambahkan nama dengan cara memanfaatkan kain felt.

2. Tidak harus uang kertas, Uang Logam juga bisa dijadikan kreasi Uang Mahar

kreasi uang mahar dari koin
via : maharpernikahan.co.id

Siapa bilang uang koin ga bisa dijadikan kreasi uang mahar, malah banyak kreasi yang bisa kalian temukan di google. Memadukan uang koin dengan lukisan malah menjadi menarik, apalagi jika kalian tambahkan ornamen bunga yang terbuat dari kain felt atau flanel. Malah menurut admin uang mahar dengan koin ini lebih keliatan mewah, karena uang koin lebih terlihat mengiklat.

3. Gunakan Uang Mainan sebagai simbolis jika kamu ingin kreasi yang beragam.

kreasi uang mahar kreatif
via : jempolkaki.com

Kamu stuk dengan ide ? dan ingin tetap menggunakan uang kertas untuk dijadikan mahar ? Secara simbolis kalian boleh menggunakan uang mainan dan hal tersebut malah terbilang lebih aman, karena kalian boleh menggunting, memotong uang mainan tersebut. Memang lebih banyak kreasi uang mahar yang kalian hasilkan seperti masjid, rangkaian bunga ataupun burung merpati.

Nah kalian udah taukan, melipat bahkan sampai memotong uang kertas untuk mahar pernikahan merupakan tindakan yang keliru. Namun sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu kalian harus mentaati peraturan undang-undang yang ada, dan kalian bisa menyiasati agar tetap bisa menggunakan uang pada mahar pernikahan. Semoga terinspirasi ya.

Nah tunggu apalagi, lamar sudah doi ~

News Feed