by

Komunitas Banua Etam Combat Balikpapan Mempelajari Aliran Wing Chun

Tim Halo Ces – Kecintaanya pada ilmu bela diri Wing Chun membuat Rizky Aldino membentuk komunitas di Balikpapan yang bernama Komunitas Banua Etam Combat. Rizky mengatakan kurangnya jenis latihan bela diri di Kota Balikpapan khusus-nya yg berorientasi aplikasi pembelaan diri, bukan berorientasi kompetisi ataupun olahraga prestasi, namun aplikasi untuk pembelaan diri dari Kejahatan, dan konfrontasi fisik yg kemungkinan terjadi di kehidupan sehari-hari adalah alasan utama mendirikan Komunitas Banua Etam Combat.

Komunitas Banua Etam Combat sendiri mengusung aliran bela diri Wing Chun dan Eskrima(biasa juga disebut Arnis/Filipino Kali ) serta konsep latihan mental dan reaksi Krav Maga sebagai Kembangan.

komunitas balikpapan - banua etam combat pelajari wing chun
komunitas balikpapan – banua etam combat pelajari wing chun

Jika kalian penasaran seperti apa ilmu bela diri Wing Chun kalian pastinya pernah menonton film layar lebar yang berjudul IP Man yang diperankan oleh Yip Man. Jika kalian pernah melihat film tersebut kalian pasti akan mengetahui seperti apa gerakan Wing Chun tersebut.

Latar Belakang Kungfu Wingchun

KungFu Wing Chun Sendiri adalah Beladiri yang berasal dari China Selatan, yang konon menurut legenda diciptakan oleh Seorang Biksu Wanita bernama Ng Mui pada jaman awal Dinasti Qing, Kemudian diturunkan oleh Murid Pertamanya seorang gadis bernama Yim Wing Chun, dan dari Yim Wing Chun inilah beladiri ini dinamakan Wing Chun secara turun Temurun,salah satu nya yang terkenal menyebarkan beladiri ini adalah GrandMaster Ip Man yang juga guru dari Bruce Lee .

Karakteristik Beladiri ini karena diciptakan oleh wanita, maka kekuatan Wanita yang tidak Sebesar pria tidak mengandalkan kekuatan otot, Gerakan yang Simpel,efisien,ekonomis, mengalir,Fleksibel terhadap perubahan gerak lawan, bergerak lurus terarah ke titik-titik vital tubuh lawan, Memakai tenaga lawan sebagai kekuatan, Pertempuran Jarak Dekat (Close Quarter Combat), berdasarkan Hukum Fisika dan Anatomi tubuh,tanda ada unsur metafisika/klenik dlm konsep dan teknik beladiri meminimalisir penggunaan otot, namun mampu menghasilkan kerusakan yg besar dan melumpuhkan lawan, bahkan mematikan, meskipun lawan lebih besar dan kuat . Bisa digunakan kapan aja, dlm keadaan apapun yang kurang nyaman untuk bergerak (contoh apabila wanita memakai Gaun, Rok,dll), dan tidak membatasi fisik seseorang(tidak harus menjadi seorang yang atletis dlm menguasai beladiri ini) meskipun lawan lebih besar dan kuat.

Nah buat kalian yang pengen belajar bela diri Wing Chun bareng Komunitas Banua Etam Combat bisa hubungin data di bawah ini.

komunitas balikpapan - jadwal latihan banua etam combat
komunitas balikpapan – jadwal latihan banua etam combat

Nama Komunitas:  Banua Etam Combat,  Combatives self defense
Cp komunitas: 08990780064,
Twitter : @BanuaEtamCombat
Ketua komunitas/ chief instructur :Rizky Aldino
Berdiri sejak: 28 april 2012
Tempat kumpul: latihan sabtu jam 4.30 pm di dome,minggu jam 4.30 pm di lapangan merdeka depan pantai kilang mandiri

Tulisan ini merupakan tulisan langsung yang diterima dari email Tim Halo Ces dengan sedikit pembenaran tulisan, yang digunakan untuk berbagai informasi komunitas balikpapan. Buat kalian yang ingin berbagi informasi komunitasnya bisa email ke [email protected]

News Feed