by

Kini Balikpapan Punya Taman Jomblo Di Destinasi Wisata Kampung Kenangan

Ngomongin soal kenangan pasti kebanyakan dari kalian mikirnya soal mantan, memang sih kenangan itu lebih banyak di dapat dari seorang mantan, enggak manis enggak pahit pokoknya kenangan deh. Bahayanya lagi kenangan itu kadang susah dilupakan, ada yang butuh waktu berminggu-minggu untuk melupakan bahkan ada yang sampai bertahun-tahun. Tapi Kenangan yang dimaksud kali ini berbeda loh, jadi di Balikpapan itu ada Destinasi Wisata Baru dengan nama Kampung Kenangan, berikut ulasannya.

Peresmian Kampung Kenangan Balikpapan

 

Destinasi Wisata Kampung Kenangan resmi diluncurkan oleh Plt Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sedakot Balikpapan Dyah Muryani, Rabu (15/08/2018). Kampung kenangan ini merupakan destinasi wisata baru berbasis kampung tematik yang dapat dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Kota Balikpapan. Lokasinya berada di RT 12 Kelurahan Lamaru Kecamatan Balikpapan Timur.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan Oemy Facessly mengatakan pengembangan kampung kenangan merupakan inisiatif dari warga RT. 12 Kelurahan Lamaru dan didukung oleh Lurah setempat agar lokasi tersebut dikembangkan sebagai objek wisata.

“Dari inisiatif warga, akhirnya kita kukuhkan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata,Red) di RT. 12 ini, setelah dikukuhkan mereka bersatu padu untuk membentuk kampung ini menjadi objek wisata kampung kenangan,” kata Oemy ketika ditemui saat Peresmian Kampung Kenangan.

Oemy menjelaskan proses pengembangan kampung wisata ini tergolong cepat, yaitu setelah dikukuhkannya Kelompok Sadar Wisata Kampung Kenangan pada 10 Juli 2018 lalu oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, warga sekitar langsung bergerak cepat bergotong royong untuk memoles wilayah ini agar layak sebagai objek wisata.

Putri Pariwisata Balikpapan
Putri Pariwisata Balikpapan @noviafrs di Kampung Kenangan Balikpapan

Para wisatawan yang berkunjung ke kampung kenangan dapat mengunjungi titik-titik untuk berswafoto bersama. Karena di lokasi ini terdapat titik-titik yang sangat cocok untuk menyalurkan kegemaran masyarakat untuk berswafoto pada lokasi baru.

“Sesuai temanya yaitu kampung kenangan kita menghadirkan spot-spot yang membangkitkan kenangan, seperti Gembok Cinta, Arena Permainan Ular Tangga, taman jomblo dan pelaminan asmara,” lanjutnya.

Oemy melanjutkan dari beberapa tema yang telah ada di Kampung Kenangan akan terus dikembangan sehingga menambah minat wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut.

“Nanti akan kita kembangkan menjadi 8 spot yang dilakukan secara bertahap,” lanjutnya.

Sementara Plt Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sedakot Balikpapan Dyah Muryani yang mewakili Wali Kota Balikpapan saat peresmian Kampung Kenangan mengatakan kegiatan pariwisata berbasis kampung wisata bertujuan untuk meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat kampung terkait.

Kampung Kenangan Di Balikpapan

Berbagai strategi digunakan dalam pengembangan kampung wisata sebagai usaha untuk membangkitkan kondisi ekonomi warga berbasis budaya diharapkan dapat meningkatkan nilai atraksi kampung wisata selain sebagai bentuk penjagaan warisan budaya.

“Oleh karena itu mari kita bersama-sama ikut berprormosi, karena promosi harus dimulai dari warga lokal agar wisatawan dapat tertarik mengunjungi tempat ini,”pesan Dyah. (Diskominfo/mgm)

Behind The Scene

News Feed