by

Jangan Terburu-buru Beli Smartphone Tahun Ini, 5 Smartphone 5G bakal muncul di Tahun 2019 !

-Featured, Gadget-3,451 views

Teknologi selular terbaru yaitu 5G sepertinya sudah banyak yang mengetahui. Namun hingga detik, menurut penulis di Indonesia sendiri belum ada smartphone yang support dengan teknologi tersebut.

Teknologi 5G sendiri sebenarnya sudah dioperasikan di Indonesia, teknologi tersebut dioperasikan pertama kali pada saat Asian Games 2018. Walaupun sinyal 5G belum merata, biasanya perkembangan smartphone dengan teknologi 5G bakal muncul terlebih dahulu. Hal tersebut mengingatkan penulis terhadap perkembangan 3G ke 4G, dimana saat itu sudah banyak smartphone yang mendukung teknologi 4G, namun provider sendiri belum merata memiliki sinyal 4G tersebut.

Tahun 2019 adalah tahun yang diprediksi dimana brand Smartphone papan atas akan merilis smartphone dengan teknologi 5G. Sangat sayang bukan jika kalian harus membeli smartphone pada saat sekarang, namun tidak sampai 1 tahun kalian harus mengganti smartphone kalian agar bisa menggunakan teknologi 5G.

Berikut adalah 5 Smartphone 5G yang bakal muncul di tahun 2019.

1.  Apple

Apple nampaknya tidak terburu-buru mengeluarkan Smartphone 5G. Pasalnya kita ketahui Apple baru saja mengeluarkan Iphone Xs Max pada akhir tahun 2018. Apple sendiri kita ketahui cukup ketinggalan saat menggunakan teknologi 4G dibandingkan dengan smartphone lainnya. Penulis memprediksi teknologi 5G pada Apple akan dirilis pada akhir tahun 2019

2. Samsung

Pada Agustus 2018 Samsung mengatakan mereka sedang bekerja sama dengan perusahaan Korea Selatan untuk menciptakan Smartphone 5G Pertama. Belum diketahui model apa yang akan digunakan oleh Samsung sebagai perilisan teknologi smartphone 5G pertama. Menurut isu yang beredar teknologi 5G akan digunakan pada model Samsung Galaxy S10 Plus.

Sementara itu Korea Selatan diharapkan bisa memperluas pelayanan 5G pada Maret 2019, sehingga Samsung bisa merilis Smartphone 5G pertamanya pada bulan Februari 2019.

3. Google

Google belum mengungkapkan rencananya untuk menggunakan teknologi 5G. Padahal selama beberapa tahun terakhir,  Verizon sebagai mitra operator eksklusif untuk ponsel Pixel-nya, termasuk Pixel 3, akan merilis teknologi 5G pada awal tahun 2019.

Ini bisa berarti bahwa unggulan Google berikutnya, yang mungkin disebut Pixel 4, bisa menjadi ponsel 5G. Jika tetap dengan jadwal peluncuran ponsel yang biasa, Pixel 4 akan memulai debutnya sekitar Oktober 2019 – baik setelah paruh pertama tahun ini.

4. Huawei

Selama Mobile World Congress Shanghai berlangsung tepatnya pada bulan juni 2018, pihak Huawei berjanji akan menjual Smartphone 5G pertamanya sebelum akhir juni 2019, setelah merilis modem dan prosesor kirin 5G pertama pada Maret 2019.

5. Lenovo

Pada bulan Agustus, Lenovo meluncurkan Motorola Moto Z3, telepon yang memiliki 5G – sejenis. Hanya terhubung ke 5G dengan aksesori modular Mod Moto, yang menempel ke bagian belakang ponsel menggunakan pin magnet. Dengan Mod, Motorola mengatakan ponsel akan mengirimkan data 10 kali lebih cepat daripada perangkat 4G LTE lainnya. Sayangnya, Mod seharusnya keluar awal tahun depan, dan kami tidak tahu berapa biayanya.

Sedangkan untuk ponsel Motorola yang tidak memerlukan aksesori untuk terhubung ke 5G, perusahaan ini sedang membuat perangkat seperti itu, tetapi Anda harus menunggu lebih lama. Doug Michau, direktur penjualan dan operasi teknis Motorola Mobility, mengatakan bahwa ponsel akan datang lebih lambat dari awal 2019. Lebih khusus lagi, Michau mengatakan akan diluncurkan dalam “pasti kurang dari tiga tahun, tapi belum ada kerangka waktu.”

Nah buat kalian yang ingin mengganti smartphone ada baiknya untuk menunggu hingga tahun besok. Sayangkan jika kalian harus membeli/mengganti kembali smartphone yang kalian miliki dalam waktu dekat. Semoga bermanfaat.

News Feed