by

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Melintasi Balikpapan

Tim Halo Ces – Gerhana Matahari Total ( GMT ) merupakan momen yang sangat dinantikan bagi banyak orang. GMT sendiri merupakan moment yang sangat langkah karena terjadi sekitar 33 tahun sekali

Gerhana Matahari Total menjadi sangat langkah karena setiap hari , bulan bahkan tahun rotasi Bulan bergerak menjauhi Bumi. Keadaan tersebut yang membuat momen Gerhana Matahari Total semakin sangat langkah. Bisa saja anak cucu kita 50 tahun kedepan tidak dapat menyaksikan momen Gerhana Matahari Total karena tidak terjadi lagi.

Kenapa dikatakan Gerhana Matahari Total ? Momen GMT kali ini terbilang cukup istimewa karena posisi bulan yang sangat dekat dengan bumi sehingga menutupi arah sinar matahari yang menyinari Bumi. Jadi keadaan sewaktu Gerhana Matahari Total akan terlihat sangat gelap, karena arah sinar Matahari tertutupi oleh Bulan secara penuh. Beginilah ilustrasinya

ilustrasi gerhana matahari total
ilustrasi gerhana matahari total via windows2universe.org

Pada tahun ini Indonesia sangat bersyukur karena GMT terjadi hanya pada bagian Negara Indonesia saja. Ada beberapa Kota di Indonesia yang menjadi lintasan Gerhana Matahari Total yaitu Palembang, Bangka Belitung, Tanjung Pandan, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Halmahera dan Ternate.

Gerhana Matahari Total diprediksi akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Walaupun terbilang masih lama, ternyata informasi Gerhana Matahari Total tersebut menjadi incaran para turist mancanegara dan pengamat antariksa. Pihak NASA sendiri akan datang ke Indonesia untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total, mereka akan menyaksikan GMT di Halmahera.

Berikut adalah perkiraan jadwal Gerhana Matahari Total dimasing-masing daerah.

jadwal gerhana matahari total 2016 via detik.com
jadwal gerhana matahari total 2016 via detik.com

News Feed