by

Bukan Crazy Rich Asian, Adik Ini Tinggal Di Malaysia Sekolah Di Indonesia Loh

-Inspirasi-1,281 views

Apa yang pertama kali kamu bayangkan jika seseorang tinggal di Malaysia tapi bisa bersekolah di Indonesia ? Pasti kamu mikirnya orang ini orang kaya bukan ? Bisa saja kamu berfikiran seperti itu, apalagi kalau kamu habis nonton film Crazy Rich Asian.

Adik ini bernama Nursaka, beberapa hari terakhir namanya viral diberbagai media. Berita Nursaka Viral bukan karena dia main tiktok dan ngadain meet and greet, tapi karena perjuangannya bersekolah di Indonesia walaupun Nursaka tinggal di Malaysia. Berita ini menjadi viral seteleh akun twitter Ditjen Imigrasi mengupload videonya

Nursaka merupakan warga negara asli Indonesia, dia tinggal bersama kedua orang tuanya di Malaysia karena tuntutan pekerjaan, di Malaysia sendiri Nursaka tinggal bersama kedua orang tuanya di wilayah Tebedu, Serawak Malaysia. Serawak sendiri merupakan salah satu daerah di Malaysia yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Nursaka sendiri bersekolah di Indonesia tepatnya di SDN 03 Sontas, Entikong (Kalimantan Barat). Jarak dari tempat tinggal Nursaka ke SDN 03 Sontas, kurang lebih berjarak 7 KM. Jarak 7 KM menurut kami bukanlah jarak yang dekat bagi anak seusianya, kecintaanya pada Indonesia tak membuat dirinya mengeluh.

nursaka pelintas batas

Rutinitas yang dilakukan Nursaka seperti kebanyakan murid sekolah dasar lainnya, yang membedakannya adalah bangun pagi. Setiap hari Nursaka harus bangun lebih pagi menuju Pos Lintas Batas Malaysia – Indonesia. Dari rumahnya Nursaka harus berangkat ke kantor Pos Lintas Batas Entikong menggunakan oplet sejauh 3 KM. Setibanya di Pos Lintas Batas Nursaka harus membiasakan diri dengan menyerahkan identitas Pas Lintas Batas dan barang bawaan untuk diperiksa sebelum masuk ke Indonesia. Dari Pos Lintas Batas Entikong Nursaka harus melanjutkan perjalanannya kembali ke sekolah SDN 03 Sontas menggunakan ojek sejauh 5 kilometer.

Bagi anak seusianya, Nursaka merupakan anak yang sangat mandiri. Bayangkan saja setiap hari Nursaka harus menempu jarak 7 KM dan bertemu Petugas Pos Lintas Batas.

Semangat Nursaka untuk tetap bersekolah di Indonesia mendapatkan perhatian dari Pemerintah, bahkan salah satu Bank di Indonesia memberikan beasiswa kepada Nursaka.

Mendapat-sepeda-dan-beasiswa
via antarafoto.com

Nursaaka adalah potret anak yang memiliki mimpi dan tekad kuat untuk meraih cita-citanya. Tinggal di perbatasan tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan sekolah. Justru hal tersebut menjadi semangat tersendiri. Kalau Nursaka saja mampu, bagaimana dengan kalian yang sekolahnya dekat dan tak perlu usaha maksimal untuk bisa sampai ke kelas?

Berikut Video Dari Ditjen Imigrasi

News Feed