by

Asal Usul dan Misteri Nama Balikpapan

-Sejarah-448 views

Tim Halo Ces – Nama Kota Balikpapan sampai detik sekarang menjadi misteri bagi Tim Halo Ces. Belum ada kejelasan secara pasti bagaimana nama Balikpapan tersebut bisa tercetus dan disahkan menjadi nama kota yang sekarang kita huni.

Dari situs pemerintahan Kota Balikpapan sendiri tidak bisa disimpulkan secara pasti bagaimana nama Balikpapan tersebut bisa tercetus. Lihat saja pada website pemerintah Balikpapan yang memberikan 2 cerita mengenai tercetusnya nama Balikpapan.

tugu australia lapangan merdeka

Berbagai macam cerita berbeda-beda yang Tim Halo Ces dengar mengenai asal usul nama Balikpapan tersebut, cerita tersebut tidak bisa disahkan secara pasti karena bukit akurat atau sejarahnya tidak memiliki alur yang jelas namun bisa dijadikan sebagai referensi.

Di bawah ini ada 3 cerita Asal Usul Nama Balikpapan yang mungkin banyak belum mengetahuinya.

1. AKIBAT KAYU YANG HANYUT

( Sumber : Buku 90 Tahun Kota Balikpapan yang mengutip buku karya F. Valenijn tahun 1724 )

ilustrasi kayu hanyut by panoramio.com
ilustrasi kayu hanyut by panoramio.com



Menurut legenda, asal nama Balikpapan adalah karena sebuah kejadian yang terjadi pada tahun 1739, sewaktu dibawah Pemerintahan Sultan Muhammad Idris dari Kerajaan Kutai, yang memerintahkan kepada pemukim-pemukim di sepanjang Teluk Balikpapan untuk menyumbang bahan bangunan guna pembangunan istana baru di Kutai lama. Sumbangan tersebut ditentukan berupa penyerahan sebanyak 1000 lembar papan yang diikat menjadi sebuah rakit yang dibawa ke Kutai Lama melalui sepanjang pantai. Setibanya di Kutai lama, ternyata ada 10 keping papan yang kurang (terlepas selama dalam perjalanan) dan hasil dari pencarian menemukan bahwa 10 keping papan tersebut terhanyut dan timbul disuatu tempat yang sekarang bernama “Jenebora”. Dari peristiwa inilah nama Balikpapan itu diberikan (dalam istilah bahasa Kutai “Baliklah – papan itu” atau papan yang kembali yang tidak mau ikut disumbangkan).

2. SUKU PASIR KULENG

( Sumber : Legenda rakyat yang dimuat dalam buku 90 Tahun Kota Balikpapan )

ilustrasi suku pasir kuleng by getborneo.com
ilustrasi suku pasir kuleng by getborneo.com

Menurut legenda dari orang-orang suku Pasir Balik atau lazim disebut Suku Pasir Kuleng, maka secara turun menurun telah dihikayatkan tentang asal mula nama “Negeri Balikpapan”. Orang-orang suku Pasir Balik yang bermukim di sepanjang pantai teluk Balikpapan adalah berasal dari keturunan kakek dan nenek yang bernama ” KAYUN KULENG dan PAPAN AYUN “. Oleh keturunannya kampung nelayan yang terletak di Teluk Balikpapan itu diberi nama “KULENG – PAPAN” atau artinya “BALIK – PAPAN” (Dalam bahasa Pasir, Kuleng artinya Balik dan Papan artinya Papan) dan diperkirakan nama negeri Balikpapan itu adalah sekitar tahun 1527.

3. PUTRI PETUNG YANG HANYUT

Dalam legenda lain juga disebutkan asal usul Kota Balikpapan, yaitu dari seorang putri yang dilepas oleh ayahnya seorang raja yang tidak ingin putrinya tersebut jatuh ketangan musuh. Sang putri yang masih balita diikat diatas beberapa keping papan dalam keadaan terbaring. Karena terbawa arus dan diterpa gelombang, papan tersebut terbalik. Ketika papan tersebut terdampar ditepi pantai ditemukan oleh seorang nelayan dan begitu dibalik ternyata terdapat seorang putri yang masih dalam keadaan terikat. Konon putri tersebut bernama Putri Petung yang berasal dari Kerajaan Pasir. Sehingga daerah tempat ditemukannya putri tersebut dinamakan Balikpapan.

Mungking masih banyak lagi cerita asal usul dan misteri nama Balikpapan yang kalian ketahui, semua memiliki sudut pandang yang berbeda-beda. Namun Balikpapan tetap menjadi Balikpapan, kota yang sekarang kita huni dan harus kita jaga.

News Feed