by

Antisipasi Penyalahgunaan Data Instagram Akan Merilis Fitur ” Download Data “

-Techno-76 views

Banyaknya penyalahgunaan sosial media saat ini membuat Instagram akan merilis fitur terbaru mereka yaitu Download Data ( Mengunduh Arsip ). Download Data merupakan salah satu fitur yang sebenarnya telah dimiliki oleh beberapa social media lainnya seperti facebook dan twitter. Fungsi fitur ini adalah untuk mengetahui segala aktifitas yang kita miliki baik pengunggahan foto, penggantian bio, mengupload poto profile, maupun pesan.

Alat ini dapat membantu pengguna Instagram memantau seberapa banyak data mereka di platform. Ini juga akan membantu Facebook, yang memiliki Instagram, mematuhi aturan privasi data Eropa yang akan datang, Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR), yang akan mengharuskan semua data menjadi portabel. Aturan ini juga akan mengharuskan perusahaan untuk menghapus data atas permintaan pengguna. CEO Facebook Mark Zuckerberg dikonfirmasi dalam kesaksian hari ini kepada Komite Energi dan Perdagangan DPR di Kongres bahwa perusahaan akan mematuhi GDPR di Eropa dan di AS, di mana itu belum diperlukan. ( via The Verge )

Namun ada sedikit perhatian yang perlu kita perhatikan jika fitur ini tersedia. Jika fitur download data mencakup semua aktifitas social media termasuk INBOX ( pesan masuk ), maka jangan sampai data yang sudah anda download malah tersebar, kemungkinan seseorang untuk membajak device anda akan lebih tinggi. Kami sendiri meragukan jika seseorang melakukan proses download data maka akan lebih aman, karena tidak semua pengguna social media memahami cara menjaga data dengan baik.

download data facebook

Saat tim kami mencoba menggunakan fitur download data pada facebook, ternyata facebook memperingati pengguna agar tidak menyebarkan link download data yang diberikan kepada orang lain. Facebook sendiri akan mengkonfirmasi via email anda, jika anda / orang lain berusaha mendownload data anda. Proses download data, ternyata tidak langsung tersedia, anda harus menunggu sekitar 1×24 jam hingga facebook mengirimkan link download data pada email anda. Link ini sendiri akan dihapus atau expired dalam beberapa hari.

facebook download data

Jadi menurut kami, jika fitur ini tersedia ada baiknya kalian tidak perlu melakukan download data pada instagram. Biarkan pihak instagram menyimpan data kalian dengan aman atau jika kalian memang merasa mampu menjaga data kalian sendiri.

Namun sampai sejauh ini belum diketahui sejauh apa cakupan fitur download data tersebut apakah sampai komentar, dan like foto ?? Kita lihat saja..

News Feed