by

4 Teknologi Masa Depan Yang Bakal Trending

Teknologi memainkan peran besar dalam membentuk masa depan kita. Teknologi ini memberi kita kekuatan besar untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat kita lakukan di masa lalu. Dengan berlalunya waktu sehari-hari, umat manusia lebih bergantung pada teknologi, baik itu smartphone, kecerdasan buatan atau apapun yang difasilitasi Internet. Mesin dan teknologi telah mengubah hidup kita dan akan terus membawa perkembangan menarik dalam waktu dekat.

Karena ini adalah era digitalisasi, kita harus tahu tentang tren teknologi saat ini dan yang akan datang. Bisnis dan individu sudah menerapkan tren ini dalam kehidupan sehari-hari agar tetap berada di depan persaingan.

Berikut adalah tren terkini dan yang akan datang dalam bidang teknologi:

1. Kecerdasan buatan ( Artificial intelligence )

Artificial intelligence
source : wirecamp

Pernahkah kalian melihat film Ironman, film dengan genre sci-fi ini menampilkan asisten AI bernama jarvis. Dimana jarvis dapat mengontrol semua fasilitas yang dimiliki Tony Stark baik pencahayaan, garasi, tv dll.

Mark Zuckerberg sendiri pernah membuat postingan pada halaman profilnya mengenai Asisten AI pada rumahnya, dimana fitur tersebut masih dalam pengembangan, pada video tersebut Mark dapat mengontrol pencahayaan lampu dan televisi melalui perintah suara. Dengan ini, kita melakukan penyederhanaan proses yang sebelumnya dilakukan oleh manusia. Kecerdasan buatan akan memainkan peran besar dalam bisnis pemasaran.

Secara sederhana, kecerdasan buatan tidak lain adalah pengembangan dan efisiensi mesin untuk melakukan tugas manusiawi dan juga dengan sedikit ruang untuk kesalahan. Penggunaan kecerdasan buatan terlihat hampir di setiap industri. Bisnis sekarang memanfaatkan kekuatannya untuk membuat proses penggerak AI lebih efisien.

2. Blockchain

blockchain
source : hackernoon.com

Istilah Blockchain sebenarnya sudah admin ketahui sejak tahun 2012, saat itu sangat sedikit sekali orang yang mempercaya perkembangan blockchain karena dianggap dapat memanipulasi pasar yang ada.

Sederhananya Blockchain adalah brankas digital yang memiliki nomor identitas unik untuk mengidentifikasinya. Siapa pun dapat memasukkan berapapun jumlah, dan dapat melihat jumlah uang yang ada di brankas tersebut. Meskipun, ketika uang ditransfer ke rekening, identitas anda disembunyikan. Hanya nomor identitas unik Anda yang aman untuk diketahui.

Seperti yang dijelaskan oleh ahli Blockchain, konsep ini mirip dengan file word. Bila pengguna A sedang mengerjakan file word maka tidak dapat diakses oleh pengguna lain karena terkunci untuk diedit oleh pengguna A. Jadi, pada dasarnya dua pengguna tidak dapat mengakses file kata yang sama secara bersamaan. Dengan platform Blockchain akses ke file tidak terbatas pada satu pengguna. Tidak ada pengguna tunggal yang memiliki kontrol penuh atas dokumen tersebut. Sedangkan untuk bisnis, teknologi ini hanya bisa mengecualikan kebutuhan tengkuak apakah itu transaksi untuk iklan atau layanan lainnya.

Teknologi blockchain membuat aset digital lebih aman dan layak dilakukan, dengan melepas perantara dalam transaksi finansial. Kriptografi kunci privat memberi kepemilikan, membebaskan orang dari berbagi lebih banyak informasi pribadi yang menjadi peluang bagi hacker.

 

3. Data besar ( Big Data )

Big data capacity

Setiap pengguna internet yang memanfaatkan Internet untuk mengumpulkan informasi mengetahui bahwa dalam satu hari, data dihasilkan dan dipromosikan dalam jutaan dan memiliki sumber asal yang berbeda.

Kebutuhan akan penyimpanan data akan terus bertambah tiap tahunnya. Contoh sederhananya, saat dulu orang tidak mungkin melakukan / menyimpan file video pada sebuah disket.

Kebutuhan pasar untuk bisa menyimpan data begitu banyak dalam satu wadah kecil dan bisa dibawa kemana-mana, membuat perusahaan membuat sebuah hardisk external berukuran kecil dengan kapasitas yang begitu besar.

Itu baru terjadi pada perorangan, bagaimana dengan sebuah perusahaan besar seperti bank ? Berapa banyak hardisk berkapasitas besar yang mereka sediakan.

Itu mengapa istliah Big Data akan tetap trend kedepannya.

4. Virtual Reallity

virtual reality
source : wikipedia

Pernahkah Anda memikirkan sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan? Mungkin ada yang suka berenang dengan hiu atau berlari secepat peluru? Nah ini membukakan jalan bagi kenyataan dunia maya dan merupakan sesuatu yang kami percaya akan menguasai pasar teknologi kedepannya. Virtual Reallity berarti mengalami hal-hal yang tidak ada dalam kenyataan, namun ada di dunia maya.

Secara literal itu berarti melihat dan mengalami apapun, dimana saja dan kapanpun! Dengan teknologi ini, kita bisa menyentuh apa saja dimana saja. Sebuah contoh bagus yang menunjukkan keefektifan teknologi ini adalah Facebook’s Oculus, yang membuat sesuatu terlihat mungkin. Ini memungkinkan untuk bermain game di dunia maya, memberikan pengalaman 360 derajat, dan pada dasarnya memberi kendali di tangan Anda.

News Feed