by

4 Hal Yang Perlu Kalian Perhatikan Saat Membeli Smartphone

-Gadget-113 views

Taukah kalian saat sekarang smartphone dengan harga murah dan ram tinggi banyak sekali ditemukan. Padahal kalau kalian tau, kebutuhan sebuah smartphone tidak hanya pada RAM saja, namun ada beberapa hal lain yang mesti kalian pertimbangkan.

Sebelum kalian membeli sebuah smartphone ada baiknya mempertimbangkan kebutuhan kalian terlebih dahulu. Misalnya kalian ingin menggunakannya untuk bermain game, foto, atau kerja. Kenapa harus memilih salah satu dari 3 kriteria tersebut ? Kalian bisa memilih 3 kriteria tersebut dalam satu paket smartphone,namun kalian harus siap dengan harganya. Jika kalian hanya mempunyai budget yang pas-pasan, kalian harus memilih satu kriteria saja seperti difungsikan untuk bermain game, foto atau kerja.

1. RAM Tinggi Belum Tentu Lancar

Taukah kamu bahwa smartphone Aple di series 6 hanya memiliki ram 1 GB dan kuat bermain game berat ? Sedangkan RAM 1GB pada umumnya yang digunakan pada smartphone android tidak kuat dimainkan game berat.

Lalu apa yang membedakan ?

Fungsi RAM sebenarnya sama yaitu mempercepat proses perintah sebelum di proses ke CPU. Namun yang perlu kalian perhatikan ada beberapa jenis RAM pada smartphone seperti DDR 1 , DDR 2 , DDR 3 dan DDR 4. Jika kalian mempunyai RAM 1 GB DDR 1 kemudian dibandingkan dengan RAM 1 GB DDR 4, maka otomatis kecepatan proses perintah lebih unggul RAM 1 GB DDR 4. Kenapa bisa begitu ? kalian bisa googling untuk penjelasan perbedaan antara RAM DDR 1, DDR 2 , DDR 3 dan DDR 4.

Jadi sebelum kalian membeli SMARTPHONE walaupun kedua Smartphone memiliki RAM yang sama 1 GB kalian wajib mengetahui jenis atau tipe dari RAM pada smartphone tersebut, semakin tinggi tipe DDR nya maka semakin bagus.

2. Chipset

Kebanyakan orang membeli sebuah smartphone hanya mempertanyakan RAM nya berapa GB mas ? Padahal selain RAM ada yang perlu kalian pertimbangkan yaitu Chipset. Secara sederhana di dalam Chipset ini sudah termasuk seperti Prosesor dan GPU

Namun pada chipset yang terkenal pada umumnya yaitu snapdragon dan kirin. Jika pada komputer prosesor intel i7 lebih cepat dibandingkan dengan i5, begitu pula pada smartphone.

Jika kalian membeli sebuah smartphone ada baiknya menanyakan dulu pada penjual Chipsetnya apa. Jika penjual mengatakan Snapdragon atau Kirin, kalian wajib mempertanyakan lagi Snapdargon versi brp atau Kirin versi brp. Semakin tinggi sebuah versi pada chipset smartphone maka kualitasnya akan semakin bagus dan harganya juga semakin bagus.

Apa yang membedakan prosesor Snapdragon dan Kirin kalian bisa check di google

3. Megapixel Pada Kamera tak begitu Penting

Ukuran Mega Pixel pada sebuah kamera sebenarnya tidak begitu penting, itu mengapa kamera DSLR tidak bisa dibandingkan dengan kamera smartphone, padahal banyak smartphone sekarang memiliki ukuran Megapixel yang begitu besar. Megapixel sendiri berfungsi sebagai ukuran jenis foto yang dihasilkan, semakin tinggi Megapixel kamera semakin besar pula ukuran foto yang dihasilkan. Apakah besar saja cukup ? Namun bagaimana dengan kualitasnya ?

Kunci memilih sebuah kamera pada Smartphone adalah pada bagian Sensornya. Sensor pada kamera merupakan kunci utama agar kualitas photo semakin baik. Semakin besar ukuran sensor pada kamera smartphone maka kualitas gambar yang dihasilkan akan semakin baik pula. Sensor ini memiliki tugas untuk menangkap cahaya yang masuk melalui lensa. Jadi, makin besar sensornya, makin banyak cahaya masuk. Makin banyak juga cahaya yang masuk, makin mendetil dan bagus foto Anda.

4. Batre Besar Tak ada Fast Charging ?

Banyak sekali smartphone dengan harga murah memiliki kapasitas batre berukuran besar dan dikatan mampu bertahan sangat lama. Namun dibalik itu semua, kebanyakan smartphone murah dengan batre berukuran besar tidak memiliki fast charging. Taukah kamu bahwa semakin besar ukuran batre maka semakin lama anda melakukan proses charging jika tidak memiliki fitur fast charging. Jadi sebelum membeli smartphone batre berukuran besar pastikan terlebih dahulu smartphone tersebut memiliki fitur fast charging.

Dari ke empat rincian di atas kalian pasti bisa menentukan kriteria penggunaan terhadap smartphone. Semoga Bermanfaat

 

News Feed