by

3 Tempat Wisata Di Balikpapan Yang Wajib Kamu Kunjungi

Apa ajasih tempat wisata di Balikpapan ? Hal itulah yang menjadi pertanyaan beberapa orang saat berkunjung ke Balikpapan. Informasi mengenai tempat wisata di Balikpapan memang jarang terpublikasi dengan baik. Oleh sebab itu kami akan membahas 3 Tempat Wisata Di Balikpapan yang wajib di kunjungi.

Mungkin para pembaca akan bertanya kok cuma 3 tempat wisata ? Sebenarnya ada banyak tempat wisata di Balikpapan, namun kami merangkum dari yang terbaik. Hal lain yang menjadi pertimbangan kami adalah kunjungan orang ke Balikpapan kebanyakan bukan untuk berwisata, beda seperti Bali, Jogja, Malang atau Kota Wisata lainnya.

Kami merangkum dari yang terbaik, sehingga waktu anda yang singkat saat berkunjung ke Balikpapan tidak terbuang sia-sia. Berikut adalah 3 Tempat Wisata Di Balikpapan Yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Melihat Bekantan di Hutan Mangrove Center Graha Indah

mangrove center graha indah
via _bintangmahameru

Hutan Mangrove Kariangau adalah salah satu tempat wisata di Balikpapan yang memiliki reputasi Internasional loh. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata Mandiri yang di kelola oleh Bapak Agus Bei. Hal menarik yang dapat kalian lakukan di sini adalah menikmati pemandangan hutan mangrove sambil menyusuri hulu sungai.

Yup kalian akan diajak berkeliling menggunakan perahu mesin menyusuri hulu sungai di kawasan Hutan Mangrove Kariangau.

Waktu Berkunjung Yang Direkomendasikan

Untuk berkunjung ke Hutan Mangrove Kariangau, waktu terbaiknya adalah di Sore hari. Kenapa di Sore hari ? mengingat cuaca di Balikpapan yang terbilang panas, puluhan bekantan juga terlihat bermain diantara ranting pohon mangrove pada waktu sore hari.

2. KWPLH Balikpapan

beruang madu KWPLH Harris8
via KWPLH

KWPLH merupakan singkatan dari Kawasan Pendidikan Lingkungan Hidup. Kawasan ini merupakan kawasan konservasi beruang madu di Balikpapan. Di kawasan ini kurang lebih ada 7 Ekor Beruang Madu yang dibebaskan di dalam hutan.

Waktu Berkunjung Yang Direkomendasikan

Waktu berkunjung yang direkomendasikan ialah Jam 12 Siang. Waktu tersebut merupakan waktu jam makan siang beruang madu. Proses pemberian makan siang sendiri dilakukan di pinggir pagar, sehingga para pengunjung dapat melihat beruang madu secara langsung dan jelas. Jadi kalau kalian tidak datang saat jam makan siang, kemungkinan besar kalian tidak dapat melihat beruang madu tersebut. Bayangkan saja beruang madu tersebut dilepas di kawasan hutan yang begitu luas dan kalian hanya bisa melihatnya dari pinggiran pagar.\

Di tempat ini memiliki banyak fasilitas yang disediakan, seperti pendopo dan toko aksesoris. Selain beruang madu di sekitar kawasan KWPLH terdapat kawasan wisata lebah madu, sebelumnya kami sudah pernah membahasnya pada tulisan ini Berkunjung Ke Kampung Wisata Lebah Madu Balikpapan.

3. Pantai Lamaru Balikpapan

pantai lamaru balikpapan
via instagram/bellasaleon

Pantai lamaru adalah salah satu Pantai yang berada di kawasan Balikpapan. Walaupun pantai ini dikelola oleh pihak swasta, menurut kami Pantai ini lebih unggul dalam pengelolahan dibanding Pantai Manggar yang dikelolah oleh Pemerintah Kota.

Memang tarif masuk kawasan Pantai Lamaru Balikpapan lebih mahal dibanding pantai tetangganya yaitu Pantai Manggar. Kenapa tetangga ? Karena kawasan Pantai tersebut berada dalam satu garis pantai atau bersampingan.

Untuk fasilitasnya sendiri terbilang sangat lengkap, mulai dari fasilitas Mushola, toilet, keamanan dan juga hiburan lainnya. Kawasan ini juga terlihat lebih tertata saat kalian memasuki kawasan pantai dari pintu depan / loket karcis. Kalian bakal melihat puluhan pohon tinggi yang tersusun secara rapi, cocok sebagai spot foto.

Nah itu dia 3 tempat wisata di Balikpapan rekomendasi dari Balikpapanku. Semoga bermanfaat yah dan jangan lupa share.

News Feed