by

10 Bumbu Dapur Yang Ternyata Baik Untuk Kesehatan Secara Ilmiah

Kebijaksanaan medis kuno telah mengenalkan kita pada kekayaan ramuan herbal dan obat alami lainnya untuk penyakit sehari-hari. Beberapa di antaranya telah terbukti berbahaya atau tidak efektif, namun banyak di antaranya terbukti sangat baik sebagai pengobatan di rumah untuk penyakit dan kondisi tertentu.

Beberapa pengobatan di rumah ini mungkin berasal dari tanaman, sementara yang lainnya merupakan bahan makanan umum yang dapat Anda temukan di dapur manapun. Banyak penelitian telah dilakukan mengenai kemanjuran pengobatan di rumah ini, dan inilah beberapa hal yang dapat Anda coba sendiri:

Teh Chamomile

Minyak pohon teh
sumber : https://hellosehat.com

Chamomile adalah bunga yang dikeringkan dan direndam dalam air panas untuk membuat teh yang bisa membantu mengatasi sakit perut yang disebabkan oleh gangguan pencernaan, kolik, atau sakit maag. Ini juga merupakan relaksan ringan yang dapat membantu Anda menurunkan angin sebelum tidur dan membantu mengatasi insomnia.

Lidah buaya

manfaat lidah buaya
sumber : http://makassaroke.com

Daging lidah buaya secara tradisional digunakan di banyak bagian dunia untuk mengobati luka bakar dan iritasi pada kulit. Sangat mudah untuk hanya memotong daun lidah buaya jika Anda memiliki satu tumbuh dan mengoleskan gel ke luka bakar kulit dan sengatan matahari sebagai pertolongan pertama. Sejumlah kecil (biasanya satu sendok teh) jus Aloe Vera dapat diambil untuk membantu menyembuhkan iritasi saluran pencernaan dan bisul.

Kayu manis

manfaat kayu manis
sumber : https://healindonesia.com

Teh kayu manis bisa berfungsi sebagai stimulan ringan yang mirip dengan kopi dan juga lebih sehat. Gunakan saat Anda perlu menjemput saya di pagi hari, atau mengingatkan Anda sepanjang hari, terutama jika Anda bekerja tanpa pekerjaan.

Bawang putih

manfaat bawang putih
sumber : kabardunia.com

Bawang putih terbukti memiliki sifat anti kanker, sekaligus antimikroba. Anda bisa menambahkan bawang putih mentah ke salad atau hanya mengkonsumsi bawang putih mentah cincang dengan nasi goreng Anda, mie sup, daging, dan pasta. Ingat bahwa bawang putih mentah lebih baik daripada yang dimasak. Menerapkan bawang putih cincang ke luka bisa membantu menyembuhkannya lebih cepat juga.

Biji adas

manfaat biji adas

Jika Anda sudah makan makanan yang besar dan sekarang merasa kembung, dan tidak dapat menemukan garam ENO di mana saja, cukup temukan beberapa biji adas dan kunyah setengah sendok teh untuk menghilangkan gas. Biji adas adalah rempah-rempah umum dalam masakan India dan dapat ditemukan di supermarket Asia manapun.

Jahe

manfaat jahe
sumber : https://sehatafiat.com

Sering dikonsumsi dalam bentuk bubuk seperti pil atau sebagai teh, jahe telah lama digunakan dalam budaya Asia kuno untuk mengobati kongesti kepala dan dada serta gangguan perut. Akhir-akhir ini, bubuk jahe juga telah terbukti bisa meningkatkan rasa sakit sendi akibat artritis.

Cuka sari apel

manfaat cuka sari apel
sumber : http://cukaapel.org

Cuka sari apel awalnya digunakan sebagai bahan masakan, namun kini penelitian telah menunjukkan bahwa ia benar-benar dapat membantu mereka yang menderita diabetes Tipe II dengan mengatur kadar glukosa darah puasa. Ini juga membantu menurunkan kolesterol dan dengan demikian mencegah penyakit jantung. Cuka sari apel juga bersifat antibakteri dan banyak yang menggunakannya untuk melawan masalah kulit seperti ketombe. Namun, karena sangat asam, seharusnya tidak digunakan pada luka terbuka.

Minyak pohon teh

manfaat minyak pohon teh
sumber :https://sehatalamiku.id

Minyak antibakteri alami ini telah terbukti menghambat pertumbuhan jamur dan oleh karena itu efektif untuk infeksi kulit dan kuku yang berasal dari jamur. Oleskan minyak pohon teh dua atau tiga kali sehari di daerah yang terkena untuk melawan infeksi jamur.

Rosemary

manfaat rosemary
sumber : http://www.gourmetgarden.com

Rosemary adalah ramuan yang sering ditambahkan ke daging saat memasaknya untuk menambah rasa segar. Namun, Rosemary juga baik untuk alergi. Anda bisa menambahkannya ke masakan Anda atau menghancurkannya dan menambahkannya ke salad untuk membantu menurunkan serangan alergi. Selain itu, ini baik untuk pencernaan dan nafsu makan yang buruk, memperbaiki nyeri sendi dan meningkatkan sirkulasi darah.

Echinacea

manfaat Echinacea

Ramuan ini menghasilkan bunga merah muda yang sangat cantik, dan sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi Echinacea pada saat dimulainya demam menderita gejala yang kurang parah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi ramuan ini. Echinacea dapat ditemukan dalam bentuk pil dan juga teh di banyak apotek di seluruh dunia.

Selalu ingat bahwa pengobatan di rumah tidak pernah merupakan pengganti konsultasi profesional dengan dokter. Jika Anda menggunakan pengobatan modern, Anda harus memberi tahu dokter suplemen apa yang telah Anda minum dan menanyakan apakah aman untuk diteruskan.

News Feed